Hasil Analisa Page Views Bawa Urbanesia Lakukan Perubahan-Perubahan Penting

Sejak berdiri pada 2009 dan kini memiliki 50 juta pageviews, Urbanesia menyatakan sudah dan terus melakukan perubahan signifikan. Berdasarkan analisa terhadap kebiasaan dan kesukaan pengunjung saat menggunakan layanan Urbanesia, manajemen layanan direktori, rekomendasi, dan e-commerce ini memutuskan akan fokus kepada konten terkait gaya hidup (lifestyle).

Selain fokus konten, beberapa perubahan penting yang sudah serta akan diluncurkan antara lain lebih konsentrasi dalam menggarap aplikasi untuk smartphone, penyederhanaan dan penyeragaman fitur, serta memperluas jalur distribusi. Semua itu dilakukan untuk memberikan layanan yang tepat dan memang dicari oleh para pengguna.

Hasil analisa menunjukkan bahwa sebagai direktori, seperti dijelaskan CTO Urbanesia, Batista Harahap, kategori yang paling banyak dikunjungi adalah konten yang isinya berbau gaya hidup atau lebih familiar dengan istilah lifestyle, perbandingannya tak tanggung-tanggung  70 berbanding 30 persen dengan konten non-lifestyle.

Sedangkan perilaku utama dari pengunjung-pengunjung Urbanesia adalah konsumsi konten. Hal itu terlihat dari jumlah ulasan tempat yang sudah mencapai 14.000.

Kemudian, seperti yang juga sudah menjadi fenomena di bidang e-commerce seluruh dunia, akses dari smartphone melonjak tajam. Untuk Urbanesia, lonjakan signifikan terjadi pada pertengahan tahun ini. Hal ini membawa konsekuensi bahwa manajemen harus lebih fokus dan serius dalam menggarap aplikasi untuk smartphone, karena memang diperkirakan di masa mendatang tren ini akan makin meningkat.

“Temuan lain, di tengah peningkatan penggunaan smartphone Sejak pertengahan 2013, traffic web dari mobile devices menuju Urbanesia mengalami kenaikan akses Urbanesia secara individual. Keluarga device yang paling banyak digunakan adalah Android, iOS dan Opera Mini. Sehingga jika digabungkan keseluruhan mobile devices berikut dengan aplikasi kami di berbagai platform, Mobile Traffic setidaknya telah seimbang dengan desktop traffic selama beberapa bulan terakhir,” jelas Batista.

Berdasarkan data-data di atas, Urbanesia kemudian memutuskan untuk melakukan perubahan pada penyempitan fitur dan produk untuk mengarah sebagai situs yang berotoritas untuk menyodorkan konten lifestyle dengan mengandalkan layanan Ur Episodes (paket pengalaman) sebagai sumber pendapatan.

Paket pengalaman yang ditawarkan Urbanesia adalah satu buah rekomendasi tempat atau aktivitas yang bisa dicoba pengunjung. Dengan begitu pengunjung dapat merasakan sebuah pengalaman yang berbeda dari biasanya, seperti kelas pelajaran memasak tiga jenis menu makanan Prancis selama empat jam, rutinitas spa yang berbeda, atau paket bersama Girls' Day Out bersama sahabat terdekat Anda.

“Sejak 23 September 2013, Urbanesia telah diluncurkan kembali sebagai iterasi pertama kami yang mencerminkan kedua arahan diatas. Selama kurang lebih dua bulan data yang kami kumpulkan dari pageviews dan FGD ke target market kami membawa kami untuk lebih menyederhanakan Urbanesia bukan hanya di situs desktop kami tapi juga di situs mobile dan juga aplikasi Android kami,” tutur Tista.

Urbanesia juga optimis bisa meraih sukses dalam  mengembangkan sisi e-commerce melalui deals yang ditawarkan. “Memang untuk urusan e-commerce ini adalah pengalaman pertama kami dan masih banyak yang harus dilakukan untuk bisa maksimal. Tetapi melihat dari data-data yang telah kami kumpulkan, we are looking forward to a bright future.”

Perubahan lain yang akan segera diluncurkan adalah menyeragamkan fitur. “Tanggal 23 Desember 2013 ini seluruh produk kami dengan judul Urbanesia akan memiliki fitur yang sama persis dan konsisten di berbagai platform. Bagi kami ini adalah langkah berani yang akan lebih memperkuat identitas Urbanesia sebagai the go to destination for lifestyle.”

Terakhir, di 2014, fokus utama Urbanesia adalah akan memperluas jalur distribusi untuk memaksimalkan penjualan. “Pada waktunya nanti juga akan membuka peluang kepada blogger, website owner, dan/atau third partydeveloper agar dapat monetize dengan menggunakan content kami. Kami sadar bahwa dengan jumlah data yang besar, ini adalah fondasi yang kuat untuk inovasi dan kreativitas.”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again