24 January 2018

by Yoga Wisesa

Headset Plantronics Voyager 6200 UC Pastikan Produktivitas dan Hiburan Tetap Seimbang

Voyager 6200 UC dapat terkoneksi ke dua unit perangkat secara bersamaan.

Sulit menerka kapan tepatnya headphone dengan desain neckband jadi begitu populer. Namun mungkin, hal ini didorong oleh rasa bosan pengguna terhadap headset-headset voice chat standar. Meski tawalnya terlihat aneh, headphone neckband memiliki sejumlah keunggulan dibanding varian konvensional: kabelnya tidak mudah kusut, lalu panjangnya bisa disesuaikan.

Rancangan ini turut diadopsi oleh Plantronics di produk terbaru mereka. Perusahaan perangkat telekomunikasi asal Santa Cruz ini memperkenalkan Voyager 6200 UC, headset neckband (atau behind-the-neck) yang menitikberatkan fleksibilitas sehingga pengguna bisa menikmati musik dengan mudah tanpa mengisolasi mereka dari lingkungan di sekitarnya. Selain menyajikan lagu, Voyager 6200 UC siap mendukung penuh proses komunikasi.

Seperti headset sejenis, bagian earpiece Voyager 6200 UC tersambung dengan kabel ke neckband. Di sana, Anda bisa menemukan tombol volume, mute, serta tombol-tombol pengendali fungsi media. Plantronics tak lupa menyediakan tiga ukuran earbud, Anda tinggal memilih mana yang pas di lubang telinga serta memblokir suara secara maksimal. Saat tersambung ke smartphone, headset ini akan bergetar jika ada panggilan masuk.

Mengusung konektivitas Bluetooth, Voyager 6200 UC bisa disambungkan ke PC, tablet, smartphone, dan dapat terkoneksi ke dua unit perangkat secara bersamaan. Uniknya lagi, kita tak perlu khawatir komunikasi jadi terganggu karena pekerjaan menuntut Anda buat selalu bergerak. Bluetooth Class 1 miliknya mampu menjangkau jarak hingga 30 meter dari lokasi device utama.

Dalam menyajikan musik, Voyager 6200 UC menghidangkan output stereo Hi-Fi, lalu earbud-nya juga berperan jadi sistem noise cancelling pasif. Voyager 6200 UC didukung teknologi SoundGuard Digital, bertugas untuk memproteksi telinga dari bunyi-bunyian di atas 118DB serta mengeliminasi kenaikan sinyal secara tiba-tiba sewaktu panggilan telepon tengah berlangsung.

Microphone Voyager 6200 UC mendapatkan sentuhan khusus dari Plantronics. Di sana ada empat unit mic, masing-masing ditunjang digital signal processing, mampu merespons frekuensi dari 20Hz sampai 20kHz. Bagian tersebut turut dilengkapi teknologi active noise cancelling, dengan efektif memblokir suara-suara eksternal yang berpotensi mengganggu.

Plantronics Voyager 6200 UC telah mulai dipasarkan, dijajakan seharga US$ 300, dengan pilihan warna hitam dan sand. Paket penjualan sudah termasuk adapter USB, charging stand dan travel case.

Menganalisis lebih jauh penawaran dari Plantronics ini, Voyager 6200 UC memang lebih dispesialisasikan untuk kebutuhan komunikasi ketimbang hiburan. Jika saat ini Anda sedang mencari headphone buat sekedar menikmati musik, Plantronics punya lineup produk BackBeat.

Sumber: Plantronics.