1. Startup

Layanan Perbandingan Harga Maskapai Khusus LCC HelloWings Siap Berkompetisi di Indonesia

Direncanakan paruh kedua tahun ini akan membuka kantor perwakilan di Jakarta

Menantang pemain yang sudah sebelumnya ada dalam segementasi bisnis price comparison search engine, yakni Wego atau Skyscanner, pemain baru HelloWings bersiap hadir ke Indonesia. Fokus yang ingin ditawarkan ialah menyediakan perbandingan harga tiket maskapai di level pasar LCC (Low Cost Carrier).

Fitur unik yang coba untuk diusung adalah traveler yang memiliki waktu perjalanan fleksibel memungkinkan untuk melihat tanggal saat sebuah maskapai menawarkan harga terbaiknya. Dari pemaparan tim HelloWings, beberapa penawaran yang ditampilkan bahkan merupakan promo yang belum dipublikasi maskapai itu sendiri.

Sebagai perusahaan berbasis di Singapura, menurut pemaparan tim HelloWings, saat ini pangsa pasar terbesar mereka adalah lalu lintas dari/ke Singapura dan Malaysia. Indonesia akan menjadi target pangsa pasar mengingat potensi konsumennya yang terus bertumbuh, namun saat ini belum ada upaya khusus yang dilakukan di sini.

HelloWings memilih untuk membiarkan pertumbuhan organik di luar wilayah basisnya. Rencananya baru paruh kedua tahun ini HelloWings akan menyiapkan operasional binsis di Indonesia secara serius, termasuk membuka kantor perwakilan.

"Jujur, kami masih belajar tentang Indonesia. Kami menduga terdapat rumus yang sama (untuk strategi bisnisnya) dengan negara lain, tapi saat ini kami perlu melokalkan bahasa dan preferensi terlebih dahulu. Meskipun HelloWings terlihat mirip dengan situs perbandingan tarif lain, kami sebenarnya berbeda. Kami dapat memberikan informasi harga untuk sebagian besar penerbangan LCC dunia," ujar CEO HelloWings Mark Hsu.

Saat ini sub-domain khusus id.hellowings.com telah dipersiapkan untuk menyesuaikan konten di pangsa pasar Indonesia, namun kerja sama dengan OTA (Online Travel Agency) lokal sejauh ini belum dijalin dengan dalih masih berfokus pada pertumbuhan pengguna. Untuk agregasi, HelloWings menautkan sistemnya dengan layanan situs di masing-masing maskapai.

Sebenarnya HelloWings juga menyediakan penawaran untuk reservasi hotel, namun untuk debut awalnya mereka ingin fokus pada pangsa pasar pesawat terbang dengan harga ekonomis.

HelloWings berada di bawah naungan Outland, sebuah perusahaan berbasis di Singapura. Saat ini perusahaan telah membukukan pendanaan senilai $275 ribu saat penggalangan seed funding dari Pinehurst Advisors, KK Fund dan Coent tahun 2016 lalu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again