22 December 2017

by Bambang Winarso

Honor 9 Lite Resmi Diumumkan, Punya Empat Kamera dan Layar Penuh

Huawei Honor 9 Lite tersedia dalam tiga varian dengan konfigurasi RAM dan memori yang berbeda

Sub-brand Huawei, Honor baru saja meresmikan satu lagi smartphone kelas menengah, Honor 9 Lite yang tak lain merupakan varian terjangkau dari flagship, Honor 9. ย Honor 9 Lite menampilkan layar 5,65 inci dengan rasio aspek 18:9 seperti yang banyak diadopsi oleh smartphone-smartphone terbaru. Resolusi layar yang digunakan ada di Full HD + (1080 x 2160 piksel) yang akan jadi panggung bagi EMUI 8.0 terbaru berbasis Android 8.0 Oreo.

Di balik kap mesin, Honor 9 Lite berjalan dengan chipset miliknya sendiri, Kirin 659 yang merupakan chipset octa-core dengan clocking speed 2.36Ghz. Varian dasarnya memiliki RAM 3GB dengan penyimpanan 32GB sedangkan varian premiumnya memiliki RAM 4GB dengan memori 64GB. Penyimpanan ini bisa diperluas menggunakan kartu MicroSD hingga 256GB.

Sebagai catatan, bahwa chipset ini juga digunakan oleh model Huawei Enjoy 7s, Mate 10 Lite, Maimang 6 dan Nova 2i. Kemudian di belakang, smartphone didukung oleh baterai 3.000 mAh yang dilengkapi dengan fitur penghematan daya yang cerdas.

Baik kamera belakang maupun depan memiliki konfigurasi sensor yang sama, 13MP + 2MP. Kedua sisi kamera mampu merekam video Full HD serta dipersenjatai oleh sejumlah teknologi, seperti PDAF, HDR, zoom digital, panorama 3D Beauty, efek bokeh, Smile Capture, Voice Camera, Watermark, Burst Shot dan Slow-Motion. Karena desain layar penuh yang digunakan, Honor memutuskan untuk menempatkan pemindai sidik jari di bagian belakang.

Menyangkut harga, varian dasar dengan RAM 3GB bisa ditebus dengan harga $182, sedangkan varian dengan RAM 4GB dan memori 32GB seharga $227. Lalu varian teratas dengan RAM 4GB dan penyimpanan 64GB dijual seharga $273.

Honor 9 Lite diumumkan akan tersedia dalam empat warna mencolok, antara lain Pearl White, Seagull Grey, Navy Blue dan Black. Perangkat dijadwalkan tersedia dalam skema pre-order mulai tanggal 26 Desember di Tiongkok. Tapi sayang belum ada kabar kapan ia akan menyambangi pasar lain di Eropa dan Asia Tenggara.

Sumber berita Honor.