1. Startup

HootSuite Kini Sediakan Fasilitas Facebook Insights

HootSuite menambahkan fasilitas baru bagi para pengguna mereka, penambahan fasilitas ini berhubungan dengan fitur analytics. Kini HootSuite menyediakan fitur Facebook Insights yang langsung bisa diakases dari dashboard HootSuite.

Facebook Insights ini akan berguna bagi mereka yang menjalankan kampanye atau mengelola Facebook Page di layanan jejaring sosial Facebook. Integrasi HootSuite dengan Facebook Insights ini memberikan fasilitas bagi para pengguna untuk melakukan monitor atas semua Facebook Page yang dimiliki dari satu tempat, termasuk jika pengguna mempunyai tim khusus yang telah sama-sama menggunakan HootSuite namun bukan menjadi admin dari Facebook Page tertentu.

Beberapa data yang akan ditampilkan pada Facebook Insights di HootSuite antara lain, keterangan tentang tambahan fans baru di Page, data demografi, seperti asal wilayah pengguna yang mengakses Page, umur serta gender, kemudian jumlah komentar serta 'likes'di Page, keterangan jika ada diskusi baru terjadi, serta jumlah wall post baru.

Tampilan grafik yang ada berupa jenis grafik garis, dengan pembeda warna untuk memberikan keterangan New Likes dan Unlikes, keterangan tentang demografi berdasarkan umur juga dilengkapi dengan persentase dari masing-masing golongan umur, Sedangkan grafik yang berkaitan dengan interaksi pengguna, akan ada keterangan grafik tentang umpan balik atas post perhari serta aktivitas yang terdapat di Page seitap harinya.

Untuk menikmati layanan ini, pengguna cukup melakukan klik pada logo burung hantu yang ada ada bagian kiri atas dashboard, kemudian pilih 'stats', dan klik Facebook Insights, tambahkan Facebook Page yang akan dianalisis. Setelah ditambahkan, klik Facebook Page yang Anda inginkan, HootSuite akan mengolah data yang terjadi di halaman Facebook Anda dan menampilkannya, akan ada dua bagian utama yaitu data yang berhubungan dengan pengguna serta data yang berkaitan dengan interaksi pengguna atas Facebook Page.

Pengguna juga bisa mendapatkan perbandingan secara historis untuk melihat aktivitas pada halaman Facebook mana yang sedang atau pernah mengalami kenaikan atau tren positif. HootSuite juga menyediakan fasilitas untuk mencetak data statistik dari Facebook Insights ini.

Para pengguna HootSuite Pro, fasilitas Facebook Insights ini bisa langsung dinikmati, karena HootSuite langsung menambahkan tab secara otomatis, sedangkan untuk para pengguna HootSuite versi gratisan bisa menambahkan fasilitas ini secara manual.

Saya mencoba menambahkan fitur Facebook Insights ini di akun HootSuite saya, proses analisis cukup cepat dengan beberapa data menarik yang bisa ditampilkan seperti gender serta demografi berdasarkan umur yang mengakses halaman Facebook Page. Selain itu Anda juga bisa menambahkan beberapa Facebook Page dengan mangakses pilihan pengaturan untuk menambahkan akun jejaring sosial baru, nantinya akan ada pilihan untuk menambahkan Facebook Page untuk bisa diakses melalui HootSuite. Saya mencoba menambahkan dua Facebook Page dan dua-duanya bisa diakses secara langsung dari HootSuite.

Penambahan Facebook Insights ini memberikan fasilitas baru bagi pengguna HootSuite yang berhubungan dengan statistik, setelah sebelumnya terdapat fasilitas statistik berdasarkan klik dengan pemendek URL Ow.ly, integrasi Google Analytics, serta penambahan daftar pesan paling populer serta info Retweet dengan penambahan avatar untuk menunjukan siapa yang membagikan pesan tertentu.

Persaingan antar penyedia layanan social media dashboard juga tertus berlangsung, misalnya TweetDeck yang baru-baru ini memperbaharui cara mereka mengakses API yang disediakan Twitter, kini pengguna TweetDeck versi terbaru bisa menikmati fasilitas stream Tweet yang lebih 'kencang', TweetDeck versi 0.36 telah mengintegrasikan User Streams API pada layanan mereka, sehingga pengguna kini bisa menikmati Tweet yang muncul di akun Twitter lewat TweetDeck secara real-time.

HootSuite sendiri juga baru-baru ini menjadi partner Twitter untuk 'menguji' Tweet iklan yang masuk secara langsung di timeline pengguna dan menjadi satu-satunya partner untuk model iklan baru dari Twitter ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again