1. Startup

HOT: Twiterus Versi Baru, 'Beta-3'

Setelah menunggu dengan sabar berita terbaru dari Twiterus yang dikabarkan sedang mempersiapkan peluncuran desain serta beberapa fitur baru mereka, sebuah DM di Twitter membuyarkan lamunan saya tentang akan jadi apa Twiterus versi baru ini. :D

Perkenalkan versi terbaru Twitterus Beta-3. Kenapa beta-3, melalui Twitter, mas Jimmi juga memberitahukan bahwa pengembangan beta-2 diloncat menjadi beta-3 untuk sesuatu yang lebih baik, dari screenshoot bocoran beta-2 yang saya dapat minggu lalu, memang ada beberapa perbedaan dengan beta-3 ini, yang sampai tulisan ini ditulis taraf development-nya telah 90%.

Ok, mari kita simak screenshoot dari Twiterus beta-3 :

Dengan perubahan pada tampilan logo serta tag line 'aliran informasi dari pengguna Twitter Indonesia' sepertinya memang Twiterus akan memberikan porsi lebih untuk konten yang termasuk informasi, yang bertebaran di pengguna Twitter lokal. Hal ini bisa terlihat di tab yang membagi beberapa fitur yang disediakan oleh Twitterus, ada tab home, tab berita yang berisi kumpulan Twitterus yang berhubungan dengan konten berita, tab video, trending topics, populer user serta tab popular link.

Di halaman home pun kini tampilan dibagi menjadi kolom-kolom yang berisi topik-topik berita, lalu dibagian kanan terdapat kolom trending topic di Indonesia, popular user di tingkat lokal serta link paling populer.

Di tab berita tweet akan dibagi lagi menjadi beberapa topik, seperti teknologi, nasional, olahraga, ekonomi, gaya hidup dan internasional. Topik tersedia di sebelah kanan, dan aliran tweet akan berubah ketika anda meng-klik topik-topik ini.

Lalu kini anda akan bisa melihat berbagai video paling populer yang tersebar di pengguna Twitter lokal, ini merupakan fitur tambahan yang mungkin saja akan sangat disukai oleh user lokal yang gemar mencari video paling populer di tingkat lokal.

Dan beberapa fitur yang masih tetap dipertahankan dan merupakan salah satu keunggulan dari Twiterus seperti Trending topic, populer user masih tersedia ditambah dengan fitur populer link.

Salah satu kekurangan di tampilan Twiterus yang baru ini adalah kolom search yang menghilang dari halamam hompage, terus terang saya sendiri biasanya langsung menggunakan fitur search ini sebelum saya melihat-lihat fitur lain di Twiterus, apakah ini dikarenakan pengembangan masih 90% atau tidak, saya berharap semoga saja nanti ketika versi beta-3 ini roll out ke publik, fitur search bisa muncul lagi di halaman home.

Yang menarik, untuk kategori tweet berita, Twiterus menyertakan keterangan dari mana sumber tweet berasal termasuk jam berapa tweet itu di muat, seperti yang dijelaskan mas Jimmi, pengembangan memang belum 100% selesai, jadi beberapa link, seperti link ke profil user yang melakukan tweet masih belum sempurna jadi saya belum bisa mengecek fitur ini.

Dari beberapa obrolan dengan teman-teman saya, banyak yang mempertanyakan tentang tidak adanya fitur local trend sebagai jawaban atas perkembangan local trend yang beberapa waktu diluncurkan oleh Twitter.

Saya sendiri masih menimbang-nimbang apakah local trend sudah diperlukan oleh pengguna user Indonesia atau belum, saya setuju dengan pendapat beberapa orang bahwa local trend akan membangun relasi yang lebih intens antara user di sekitar lokasi tertentu itu, banyak informasi yang bisa kita ketahui dari percakapan lokal tersebut.

Mungkin local trend bisa ditambahkan di versi beta selanjutnya atau memang Twiterus memilih untuk tidak menyediakan fitur ini, tapi sampai sejauh ini, saya sendiri menyukai tampilan baru Twiterus ini, karena sekarang saya bisa memilah informasi yang berkembang di Twitter lokal dan melihat berbagai perkembangan informasi yang tersebar dengan topik-topik tertentu.

Nah, anda bisa melihat tampilan desain terbaru Twiterus di link ini, dan jangan lupa untuk memberikan komentar tentang pendapat anda dengan versi beta-3 Twiterus ini. Atau anda punya usulan untuk Twiterus, anda juga bisa menyampaikannya di kolom komentar.

Terima kasih untuk mas Jimmi, atas screenshoot dan info Twiterus-nya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again