12 November 2015

by Bambang Winarso

HP Resmi Perkenalkan ZBook Studio

HP ZBook Studio adalah ultrabook 15,6 inci yang diklaim bakal jadi penantang serius MacBook Pro-nya Apple.

Meski pasar laptop tak menunjukkan pergerakan positif akibat serbuan tablet, tak lantas menahan HP yang kini menjadi HP Inc untuk melahirkan perangkat baru. Bertempat di New York City, HP Inc resmi memperkenalkan ZBook Studio, ultrabook 15,6 inci yang diklaim bakal jadi penantang serius MacBook Pro-nya Apple.

Di jajaran ultrabook HP sendiri varian ini adalah salah satu yang paling compact, sehingga lebih cocok untuk pengguna yang aktif. Dikutip dari PCWorld, ini adalah produk pertama HP Inc setelah dipecah menjadi dua entitas, HP Inc dan Hewlett-Packard Enterprise. Namun tentu bukan yang terakhir, akan ada sederet perangkat laptop dan tablet yang bakal dirilis oleh HP Inc.

Dalam hal performa, HP Inc menawarkan konfigurasi antara prosesor Intel Core i7 atau chipset Xeon. Di samping beberapa fitur seperti RAM 32GB, memori 2TB, Nvidia Quadro M1000M atau Intel HD Graphics 530.

Di bagian konektivitas ZBook Studio hampir punya segalanya, seperti port USB 3.0, HDMI 1.4, pembaca memori SDXC, port Thundebolt 3, WiFi a/b/g/b/ac 2×2 dan juga Bluetooth 4.0.

Dan demi memberikan hiburan terbaik bagi penggunanya, HP Inc membenamkan speaker Bang % Olufsen HD dan dual mikrofon. Dua sistem operasi ditawarkan, yakni Window 7 dan Windows 8.1. Meski tak disebutkan, namun sangat mungkin perangkat dapat di-upgrade ke OS Windows 10.

HP Inc juga menawarkan docking baru dengan port Thunderbolt 3 yang dinamai HP Zbook Dock yang dapat ditebus dengan harga $229. Sementara Zbook Studio sendiri dapat dibeli di kisaran $1,699 mulai Desember mendatang.

HP Inc juga memperkenalkan tiga perangkat baru lainnya, antara lain HP ZBook 15 G3, ZBook 17 G3 dan ZBook 15U.

HP ZBook 15 G3 dibekali RAM 64GB, memori 1TB dan bobot tingan. Sementara HP ZBook 17 G3 punya layar 17, 3 inci, ramping dan mempunyai kemampuan baterai yang diklaim 67% lebih baik. Terakhir, HP ZBook 15U dikemas dengan layar 15,6 inci yang dapat menjadi alternatif menarik karena banderolnya yang relatif terjangkau dibanding varian lainnya, yaitu hanya $1,099. Sayang harga dua varian lainnya belum dapat diketahui.

Sumber berita TechTimes dan HP.