Android One tampaknya sedang memperoleh momentum untuk kembali berkiprah lebih luas bersama pabrikan-pabrikan yang lebih dikenal. Setelah Xiaomi dengan Mi A1-nya beberapa hari yang lalu, kali ini brand HTC dikabarkan berencana ikut ambil bagian dalam program perangkat murah inisiasi Google tersebut. Walaupun Mi A1 tidak benar-benar murah seperti yang kebanyakan orang bayangkan.

Di tahun 2017 ini, HTC tampaknya tak terlalu ambisius untuk meluncurkan smartphone unggulan. Mereka malah disebutkan bakal melepas smartphone yang tergabung dalam program Android One.

LlabTooFeR dan Evan Blass, dua profil yang kerap memperoleh bocoran-bocoran akurat sama-sama membeberkan informasi terkait eksistensi sebuah perangkat bernama HTC Ocean Life atau U11 Life. Evan Blass bahkan memperoleh sebuah foto yang diklaim sebagai perangkat yang dimaksudkan.

HTC U11 Life dirumorkan bakal mengemas penampang layar selebar 5,2 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Dalamannya bakal mengandalkan chipset Snapdragon 630 dan memori internal seluas 32GB. Sampai di sini, jelas sekali bahwa HTC tak ingin bermain di kelas entry level, tapi lebih ke kelas menengah seperti halnya Xioami Mi A1. Berikutnya smartphone bakal menawarkan dua buah “mata” di belakang dan depan. Kamera bagian belakang diyakini bakal memiliki sensor 16MP, sementara kamera depan belum dibeberkan berapa resolusinya.

Seperti smartphone Android One lainnya, HTC U11 Life bakal mengemas sistem operasi Android murni atau stock Android alias tanpa embel-embel kustomisasi. Tapi, pemilik perangkat akan dimanjakan dengan ketersediaan update jika ada OS terbaru. Jika bukan yang pertama, paling tidak lebih cepat dibandingkan brand lainnya.

Google tampaknya ingin kembali menghidupkan program Android One namun dengan pendekatan yang berbeda. Alih-alih fokus ke pasar lokal bersama pabrikan setempat, Google mulai menggandeng brand-brand yang lebih punya nama di pasar global termasuk lokal. Bukan hanya Xiaomi dan HTC, Google juga dikabarkan sudah menjalin komunikasi yang intens untuk meluncurkan smartphone Android One bersama Motorola lewat Moto X4 yang akan menjadi smartphone Android One pertama yang berkiprah di pasar Amerika Serikat.

Sumber berita Ubergizmo dan AndroidPolice.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.