20 September 2012

by Andi Miftachul

HTC Perkenalkan Dua Smartphone dengan Windows Phone 8

Setelah lama fokus kepada pengembangan smartphone yang menggunakan platform Android, HTC hari ini memperkenalkan dua produk smartphone terbaru mereka yang menggunakan Windows Phone 8. Kedua smartphone ini, HTC 8X dan 8S, akan menjadi pesaing Nokia Lumia di pasar smartphone dengan platform Windows Phone.

HTC 8X akan menjadi pesaing langsung Lumia 920 di pasar smartphone high-end. HTC8X mempunyai spesifikasi layar 4.3 inci dengan resolusi 720p, prosesor dual-core 1.5 GHz, RAM 1GB, kapasitas penyimpanan 16GB dan mendukung teknologi NFC. Jika dibandingkan dengan Lumia yang mempunyai layar 4.5 inci dan berat 185 gram, HTC 8X ini mempunyai berat yang jauh lebih ringan yakni 130 gram.

Soal kamera, HTC 8X mempunyai dengan kamera 8 megapiksel dengan lampu LED di belakang. Untuk keperluan video call atau pun self-potrait, HTC 8X mempunyai kamera dengan 2.1 megapiksel dengan sudut lebar yang mencapai 88 derajat. Kamera depan ini juga mendukung perekaman video resolusi tinggi, yakni 1080 piksel.

HTC 8X tersedia dalam 4 warna yang menggambarkan warna logo Windows terbaru, California Blue, Graphite Black, Flame Red dan Limelight Yellow. Smartphone ini baru akan tersedia pada awal November mendatang, karena HTC ingin menunggu Windows 8 benar-benar dirilis pada akhir Oktober.

Jika HTC 8X adalah smartphone high end, HTC juga meluncurkan smartphone middle end dengan HTC 8S. HTC 8S ini mempunyai spesifikasi dibawah 8X dengan layar WVGA 4 inci, prosesor S4 dual core 1GHz, RAM 512 MB dan kapasitas penyimpanan 4GB dengan slot Micro SD yang mendukung kapasistas penyimpanan hingga 8GB.

HTC 8S tidak memiliki kamera depan, tetapi mempunyai kamera 5 megapiksel di belakang. Untuk pilihan warna HTC 8S akan tersedia dalam 4 pilihan warna yakni Domino, Fiesta Red, Atlantic Blue, dan High-Rise Gray. Seperti HTC 8X, HTC belum mengumumkan harga HTC 8S ini. Tanggal peluncuran juga belum dipastikan, tetapi HTC menyebut bahwa kedua smartphone ini akan hadir tidak lama setelah peluncuran Windows Phone 8 oleh Microsoft pada 25 Oktober mendatang.

Sumber : The Verge. Sumber Gambar : ABC News.