Categories

Gadget

HTC Perkenalkan HTC One M9, HTC Grip dan HTC Vive

wiku - 2 March 2015

HTC perkenalkan 3 perangkat dalam ajang MWC di Barcelona. Ada smarpthone flagship HTC One M9, fitness tracker HTC Grip dan VR headset HTC Vive.

HTC One M9

HTC One M9 adalah generasi penerus dari smartphone unggulan HTC, hadir dengan model yang hampir sama tetapi terdapat peningkatan dari sisi desain, fitur serta spesifikasi.

Hadir dengan layar 5 inci, One M9 menggunakan Snapdragon 810. Dikutip dari GSMarena akan jeroan perangkat ini akan diisi oleh prosesor 64bit yang terdiri dari empat Cortex-A57 dengan 2.0GHz dan empat Cortex-A53 dengan 1.5GHz. RAM sebesar 3GB dengan Adreno 430 melengkapi spesifikasi utama dari smartphone ini.

Untuk kamera sendiri HTC One M9 hadir dengan dukungan kamera belakang 20MP serta 4MP (UltraPixel untuk mendukung selfie) di kamera depan. Pelindung dari sapphire glass menjadi fitur tambahan untuk melindungi kamera belakang dari goresan.

Dari sisi desain sendiri, zero gap proses yang digunakan untuk membuat smartphone ini memungkinkan untuk menghadirkan full metal. Efek dua warna pada bagian pinggir dan belakang juga dihadirkan untuk memberikan kesan mewah pada perangkat ini, perubahan tombol power juga hadir untuk memberikan kesan baru.

Spesifikasi lain yang disematkan pada perangkat ini antara lain peningkatan untuk fasilitas suara, memori internal 32GB yang bisa diperluas, beterai 2.840 mAh serta casing ‘dot’ yang semakin kaya fitur.

Untuk perangkat lunak sendiri, One M9 akan menggunakan Android 5.0 Lollipop dengan UI SEnse 7 khas HTC. Selain itu beberapa fitur seperti double exposure untuk hasil kamera, cloud galery dan beberapa fitur lain juga tersedia di M9.

Belum ada informasi harga, tapi untuk ketersediaan sendiri smartphone HTC One M9 ini akan mulai bisa dinikmati pertengahan Maret untuk wilayah Asia Pasifik, EMEA dan Amerika Utara. Warna yang tersedia ada empat, emas, perak, merah jambu serta gunmetal (hitam keabuan).

HTC Grip dan HTC Vive

Selain memperkenalkan flagship smartphone, HTC juga menyodorkan beberapa perangkat pintar lain sebagai bagian dari kampanye Utopia in Progess yang diusungnya. Perangkat itu adalah HTC Grip dan HTC Vive.

HTC Grip adalah gelang pintar yang dikembangkan atas kerja sama dengan Under Armour. Terdapat 5 sensor yang tersedia termasuk GPS dengan baterai 100mAh. Alat ini berguna bagi mereka para fitness mania atau yang sering berolah raga untuk mendapatkan catatan terkait data aktivitas. Perangkat ini akan dirilis di AS dan belum ada keterangan ketersediaan di pasar lain.

Yang bagi saya menarik adalah hadirnya perangkat VR headset dari HTC. Yes, memang seperti terkesan ikut-ikutan karena brand lain pun merilis perangkat serupa tetapi mitra yang ditonjolkan pada saat rilislah yang membuat saya tertarik. Ia adalah Valve.

Diberi nama HTC Vive, VR headset ini sekilas tampilannya mirip VR headset yang lain, perangkat ini rencananya akan menghadirkan pengalaman hiburan yang lebih baik, tidak hanya gaming tapi juga musik, film dll. Dari sisi spesifikasi. seperti yang dikutip dari TheVerge, pengguna bisa menikmati 360 derajat tampilan dan 90Hz refresh rate. Pengguna juga bisa menikmati fitur yang memungkinkan deteksi pergerakan tangan.

Meski tidak dijelaskan secara detail atas dukungan kerja sama dari beberapa mitra yang ditampilkan di acara rilis, nama Valve menjadi salah satu yang menarik perhatian. Kalau melihat dari tampilan HTC Vive sepertinya perangkat ini adalah perangkat VR yang dimaksudkan pada artikel ini, yang menjadikannya semakin menarik karena kemungkinan Valve akan mendukung habis-habisan perangkat VR headset dari HTC.

Apakah nanti kita bisa memainkan Dota2 dalam tampilan virtual reality? Semoga saja. Beberapa mitra juga telah digaet untuk mempersiapkan perangkat VR headset HTC ini yang akan dirilis untuk publik tahun ini (mungkin akhir tahun) setalah sebelumnya dibuka aksesnya untuk para pengembang.

Tidak banyak yang diungkap HTC dalam rilis tadi malam (waktu Indonesia) ini. Presentasi juga terasa to the point ‘hanya’ untuk perkenalan produk tanpa melihat lebih jauh pada detail dari fitur-fitur yang ada (mungkin karena setelahnya ada event Samsung yang akan merilis Galaxy S6 dan awak media yang meliput bisa langsung menuju ke lokasi).

Berikut beberapa foto yang saya simpan dari live streaming HTC One M9 event release.

 

Sumber artikel live streaming HTC, TheVerge, TNW dan GSMarena

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter