24 December 2014

by Bambang Winarso

Huawei Ascend GX1 Resmi Memulai Debut di Markas Sendiri

Sepak terjang Huawei di industri mobile sudah dimulai beberapa tahun yang lalu dan terbilang berhasil. Terbukti sampai saat ini vendor asal Tiongkok ini masih konsisten menelurkan model-model baru. Yang paling anyar adalah Huawei Ascend GX1, phablet 6 inci dengan desain bezel yang super tipis.

Setelah rumor di sejumlah media, Huawei Ascend GX1 akhirnya resmi memulai debut di markas sendiri dengan banderol $255 melalui toko online resmi Huawei.

Sekilas dari pengantar di atas Anda tentu berpikir bahwa Huawei Ascend GX1 lebih tepat disebut tablet karena ukurannya yang terbilang besar, 6 inci. Namun di kalangan pengguna gadget perangkat ini lebih tepat disebut phablet, pengisi gap antara smartphone dan tablet, biasanya ditandai dengan ukuran layar mulai 5,2 hingga 6 inci.

Lebih jauh phablet Huawei Ascend GX1 menawarkan layar IPS dengan resolusi 720p, cukup baik walau tak begitu istimewa. Kemudian untuk urusan performa Huawei mempercayakannya ke komponen prosesor Snapdragon 410 dengan CPU quad-core 1,2GHz berbasiskan arsitektur 64-bit.

 

Info Menarik: iCamPRO FHD, Kamera Robot Mungil Untuk Menjaga Keamanan Rumah Anda

 

Dukungan RAM hanya 1GB dengan kapasitas memori internal sebesar 8GB yang masih bisa diperluas dengan tambahan microSD. Kamera perangkat seperti smartphone modern lainnya terdiri dari dua bagian. Kamera utama di bagian belakang beresolusi 8MP plus LED flash, kemudian kamera depan masih standar 2MP.

Meski berbanderol $255, Huawei Ascend GX1 sudah mendapatkan bekal teknologi 4G LTE, NFC, kemudian tak lupa dukungan dual SIM dan baterai 3500 mAh.

Yang kurang dari phablet ini adalah ketiadaan sistem operasi Android terbaru, sebab Huawei masih memilih Android 4.4 KitKat ketimbang Android 5.0 Lollipop.

Belum ada keterangan resmi yang mengisyaratkan Huawei Ascend GX1 akan dilepas ke wilayah lain di luar Tiongkok, namun kemungkinan besar skenario tersebut sudah ada di dalam rencana Huawei. Kita tunggu saja!

Sumber berita GSMArena.