6 September 2016

by Bambang Winarso

Huawei Kembali Gandeng Leica untuk Bantu Racik Kamera Mate 9 dan Mate S2?

Kamera ganda di Huawei Mate 9 diyakini bakal membawa fitur OIS, autofocus dan analog zoom

Huawei Mate 9 diyakini bakal menjadi suguhan Huawei sebelum mengalihkan fokus menggarap tablet baru bersama Google. Dalam rumor lalu wujud perangkat telah beredar meskipun bukanlah desain resmi. Namun dari sana kini kita punya referensi yang cukup baik bakal seperti apa wujua akhir Mate 9.

Kini, melengkapi rumor sebelumnya, beredar kabar bahwa Huawei bakal kembali menggandeng Leica untuk membenamkan racikan kamera andalannya ke Mate 9.

Anda tentu masih ingat, sebelum ini Huawei dan Leica pernah menjalin kerjasama memproduksi kamera ganda yang menjadi senjata andalan perangkat flagship, P9. Meski hanya sebatas kamera, kehadiran sensor Leica diharapkan menjadi nilai tambah yang membuat P9 mampu bersaing dengan para rival. Harapan yang sama tampaknya kembali ditumpukan oleh Huawei ke generasi Mate terbaru.

Menurut lansiran GizmoChina yang memperoleh kabar dari Weibo, bahwa Leica akan membantu Huawei merancang kamera yang dikemas dengan fitur OIS, laser autofocus dan juga analog zoom. Leica juga disebut-sebut terlibat dalam pengembangan kamera di perangkat Mate S2.

Sementara itu, perihal spesifikasi lainnya. Huawei Mate 9 diyakini bakal mengemas chipset buatan sendiri, Kirin 960 dan kemungkinan RAM dengan kapasitas lebih dari 6GB. Bagian ini mendapat perhatian lebih sebagaimana pola serupa juga ditempuh oleh Xiaomi melalui Mi Note 2. Apalagi baru-baru ini Turing juga membuat rekor dengan membuat ponsel dengan bekal RAM total sebesar 12GB.

Mengingat kesiapan Android 7.0 Nougat untuk diadopsi, sangat mungkin Huawei akan langsung mencomot OS tersebut untuk ditanamkan ke Mate 9 dan Mate S2. Tentu setelah diolah dengan racikan khas mereka EMUI 5.

Sumber gambar header PhoneArena.