Categories

Gadget

Huawei Merilis HarmonyOS 2.0 Beta, Tersedia untuk Smartphone Huawei Tipe Tertentu

Pengguna masih bisa kembali lagi dari HarmonyOS 2.0 beta ke EMUI 11

Lukman Azis - 17 December 2020

Saat ini smartphone terbaru Huawei masih menggunakan sistem operasi Android meski tanpa dukungan Google Mobile Services (GMS), diganti dengan layanan Huawei Mobile Services (HMS). Namun Huawei juga tengah mengembangkan sistem operasi terbarunya yang disebut HarmonyOS.

Menurut Huawei, HarmonyOS adalah sistem operasi yang ringan dan ringkas dengan fungsi yang kuat, dan pertama-tama akan digunakan untuk perangkat pintar seperti smartwatch, smart display, smart TV, sistem di dalam kendaraan, dan smart speaker. Kini Huawei telah merilis HarmonyOS 2.0 beta untuk perangkat smartphone Huawei tipe tertentu.

Pengguna dan developer yang menggunakan smartphone yang didukung diundang untuk uji coba. Daftar perangkat tersebut adalah Huawei P40, P40 Pro, Mate 30, Mate 30 Pro, serta satu tablet MatePad Pro.

HarmonyOS 2.0 beta dapat diunduh lewat OTA (Over The Air) bila mendaftar di webiste resmi Huawei (bahasa China). Bila disetujui, Anda akan menerima email konfirmasi dan pembaruan akan dikirimkan ke smartphone beberapa setelahnya. Nantinya pengguna dapat kembali lagi ke EMUI 11, pastikan backup data sebelum melakukannya karena akan menghapus semua data.

Dari antarmuka pengguna, HarmonyOS terlihat identik seperti EMUI. OS baru ini juga masih dapat menjalankan aplikasi Android dengan baik, namun Huawei tidak hanya mengandalkan aplikasi Android saja. Huawei mengajak para developer dan membuat kompetisi developer untuk membuat aplikasi baru yang dirancang untuk OS tersebut.

Selain itu, HarmonyOS juga menyertakan banyak fitur baru, ide desain intinya adalah untuk memberdayakan apa yang disebut Huawei sebagai “Internet of Everything“. Artinya UI HarmonyOS dan aplikasinya perlu menyesuaikan dengan banyak layar berbeda, termasuk smartphone, tablet, mobil, dan sebagainya.

Sumber: GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter