Categories

Gadget

Huawei Nova 8i Dirilis, Unggulkan Bezel yang Amat Tipis dan Dukungan Fast Charging 66W

Sayang sekali spesifikasi Huawei Nova 8i terkesan tidak terlalu istimewa

Glenn Kaonang - 8 July 2021

Huawei menggelar acara APAC Summer Product Launch pada tanggal 6 Juli kemarin, dan di situ mereka menyingkap enam perangkat baru yang bakal segera mereka pasarkan di kawasan Asia Pasifik. Salah satu produk baru yang cukup mencuri perhatian adalah Huawei Nova 8i. Pasalnya, seperti yang kita tahu, seri Huawei Nova dulunya sempat cukup populer di Indonesia berkat keseimbangan antara harga dan spesifikasi yang ditawarkan, tidak ketinggalan pula hasil kameranya yang tergolong mengesankan.

Dari segi spesifikasi, Nova 8i mungkin bisa dibilang tidak terlalu menggugah selera. Perangkat mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 662, lengkap beserta RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 128 GB. Melihat spesifikasinya, performa Nova 8i semestinya tidak akan jauh berbeda dari Poco M3. Padahal, keduanya punya selisih harga yang cukup lumayan (sekitar dua jutaan rupiah).

Yang menarik dari Nova 8i justru adalah desainnya yang terkesan premium. Wajahnya nyaris dipenuhi layar, dengan rasio layar ke bodi sebesar 94,7%. Hal itu dapat diwujudkan berkat bezel setipis 1,3 mm di sisi kiri dan kanan, serta 1,35 mm di sisi atas. Alhasil, bezel bawahnya jadi kelihatan cukup tebal karena sisi-sisi lainnya begitu tipis.

Layarnya sendiri merupakan panel IPS 6,67 inci dengan resolusi FHD+. Entah apa alasannya, Huawei sama sekali tidak merincikan refresh rate yang dimiliki layarnya. Pada ujung kiri atas layar, kita bisa melihat lubang berbentuk kapsul yang dihuni oleh kamera 16 megapixel. Berhubung layarnya bukan AMOLED, sensor sidik jarinya terpaksa harus ditanamkan ke tombol power-nya.

Beralih ke belakang, pengguna akan berjumpa dengan empat kamera dalam modul yang membulat. Sistem kamera belakangnya ini terdiri dari kamera utama 64 megapixel f/1.9, kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.4, kamera macro 2 megapixel, dan kamera depth 2 megapixel.

Fitur unggulan Nova 8i yang terakhir adalah dukungan fast charging 66W. Dengan output sebesar ini, baterai 4.300 mAh miliknya dapat terisi penuh dalam waktu 38 menit saja. Andai pengguna terburu-buru, charging selama 17 menit saja sudah bisa mengisi sekitar 60% dari total kapasitasnya.

Sejauh ini belum ada informasi apakah Huawei Nova 8i bakal masuk ke pasar Indonesia atau tidak. Di Malaysia, ponsel ini bakal segera dijual dengan harga 1.299 ringgit, atau kurang lebih sekitar 4,5 jutaan rupiah.

Sumber: GSM Arena dan Huawei.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter