1. Lifestyle

Id Software Pamerkan Doom 4 Dalam QuakeCon 2014

QuakeCon adalah ajang gaming dan turnamen tahunan dimana pengunjung diperbolehkan membawa PC mereka sendiri. Nama QuakeCon diambil dari salah satu permainan legendaris milik id Software berjudul Quake. Selain turnamen, QuakeCon sesekali juga dimanfaatkan sang developer sebagai tempat untuk melangsungkan pengumuman penting.

Berbeda dengan event seperti E3, QuakeCon biasanya tidak di-streaming ke pengguna internet. Konten di dalamnya secara eksklusif disuguhkan kepada pengunjung. Dan QuakeCon tahun ini bisa dibilang menjadi ajang yang bersejarah karena akhirnya tim developer id Software mendemonstrasikan permainan Doom 4 untuk yang pertama kali semenjak diumumkan.

Doom 4 dikabarkan telah masuk dalam masa produksi sejak tahun 2008, setahun setelah sang co-founder John Carmack mengumumkannya di QuakeCon 2007. Setelah itu, khalayak jarang mendengar berita tentangnya. Ada yang bilang Doom 4 telah menjadi vaporware, tapi sang CEO Todd Hollenshead bersikeras bahwa game ini sudah masuk jauh ke dalam masa pengembangan.

 

Info menarik: Doom 4 Dikonfirmasi, Akses Beta Tersedia Lewat Pre Order Wolfenstein: The New Order

 

Akhirnya nama Doom 4 kembali dibahas dengan panas di awal tahun 2014. Bethesda Softworks selaku publisher-nya membuka akses beta Doom 4 bagi mereka yang melakukan pre-order Wolfenstein: The New Order. Bethesda juga mengabarkan bahwa nama Doom 4 digantikan dengan 'Doom' saja - menandakan bahwa permainan ini bukan hanya penerus, tapi juga reboot dari seri shooter ikonik tersebut.

Sebagai salah satu media pertama yang menyaksikan demo Doom, PC Gamer melaporkan berbagai perubahan dan aspek permainan yang ditawarkan oleh id Software. Seperti game Doom 3, Doom di-setting di planet Mars. Ia menawarkan gameplay klasik bertempo cepat dimana pemain dituntut untuk berpikir dengan cerdas dan kreatif.

Media game asal Inggris itu membandingkan Doom dengan Crysis 3, yang menawarkan ruang permainan bukan hanya secara horisontal tapi juga vertikal. Pemain akan menggunakan peralatan seperti jetpack untuk melewati rintangan atau mencapai tempat tinggi, teknik ini juga sangat berguna untuk melarikan diri dari serangan musuh.

 

Info menarik: John Carmack Angkat Bicara Soal Akuisisi Oculus Rift

 

Mekanisme permainan baru yang membuat banyak orang tertarik adalah gerakan 'penghabisan' jarak dekat untuk membungkam musuh. Setelah lawan (mayoritas monster) terluka parah, pemain bisa melakukan eksekusi a la Mortal Kombat. Ditenagai dengan game engine id Tech 6, Doom menawarkan tingkat detail tinggi. Dan fitur finishing ini membuatnya tidak cocok dimainkan oleh mereka yang masih di bawah umur.

Dalam Doom, kita juga akan menyaksikan kembalinya berbagai macam senjata berukuran raksasa - seperti Wolfenstein: The New Order. Bagi yang pernah bermain dua judul Doom di tahun 90-an, Anda akan diajak bernostalgia dengan senapan tabur dua laras hingga plasma rifle - semuanya hadir dalam penampilan modern.

Monster-monster klasik seperti Imp, Demon, Spectre akan kembali Anda hadapi. Dalam demo tersebut, bagian paling tak terlupakan adalah saat monster Hell Knight hadir. "Apa yang saya saksikan di sini adalah pengalaman penuh kekacauan dalam tempo cepat, yang mengingatkan saya pada masa-masa kejayaan Doom 2," ujar Ian Birnbaum dari PC Gamer.

Menariknya, Doom 4 (atau kini tanpa angka 4) merupakan reboot franchise Doom kedua. Reboot pertama telah id Software sajikan kurang lebih 10 tahun lalu dalam Doom 3. Sekuel terbaru seri shooter legendaris tersebut rencananya akan dirilis di platform Windows PC, PlayStation 4 dan Xbox One. Tapi sejauh ini Doom belum memiliki tanggal rilis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again