12 April 2013

by Iqbal Farabi

IDC: Penjualan PC Catat Angka Penurunan Terburuk Sepanjang Masa

Kuartal pertama 2013 membawa berita buruk bagi industri komputer personal. Menurut laporan terbaru dari IDC, penjualan komputer personal, yang diindikasikan dari angka shipment, berjumlah hanya 76,3 juta unit saja. Angka ini menurun 13,9% dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya dan lebih rendah dari prediksi awal yang memperkirakan penurunan sebesar 7,7%. Angka penurunan ini juga tercatat sebagai penurunan terburuk sepanjang masa, atau tepatnya sejak 1994 ketika pertama kali IDC melakukan pencatatan terhadap angka shipment komputer personal.

Disinyalir, salah satu faktor yang menjadi kontributor merosotnya angka penjualan komputer personal adalah gagalnya sistem operasi Windows 8 menarik konsumen. "Pada titik ini, sayangnya, jelas terlihat bahwa Windows 8 tidak hanya gagal memberikan dampak positif terhadap pasar komputer personal, tapi juga nampaknya telah menurunkan pasar", komentar Program Vice President IDC, Bob O'Donnell.

Jika didetilkan berdasarkan produsen, hampir seluruh produsen komputer personal terbesar mengalami penurunan angka penjualan. Lenovo menjadi satu-satunya produsen yang tidak mengalami laju pertumbuhan negatif. Meskipun demikian, dengan angka pertumbuhan yang 0%, Lenovo juga nampaknya tidak bisa merasa aman dengan kondisi pasar komputer personal. Rincian angka penjualan lima produsen komputer personal terbesar dapat dilihat pada tabel berikut.

Semakin berkurangnya pasar komputer personal dan masih belum berhasilnya Windows Phone mengambil pangsa pasar yang signifikan di pasar perangkat mobile tentunya menjadi permasalahan yang semakin besar bagi Microsoft. Menarik untuk kita simak bagaimana reaksi Microsoft nantinya.

 

Sumber: IDC. [gambar via]