1. Lifestyle

IDC Rilis Gambaran Pasar PC, Pengiriman PC Dunia Anjlok 9,7% di Tahun 2013

Kabar kurang menyenangkan datang dari analis pasar International Data Corporation atau IDC yang memperkirakan pengiriman PC di tahun 2013 ini akan mengalami penurunan hingga tujuh kali lipat dibandingkan prediksi sebelumnya atau 9,7% lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan ini merupakan perbaikan ketiga sekaligus yang terburuk setelah di bulan Maret lalu IDC memprediksi pengiriman PC ke seluruh belahan dunia turun hanya 1,3% untuk tahun 2013, tapi di bulan Mei IDC melakukan perbaikan dan merilis prediksi penurunan pengiriman PC yang jauh lebih tinggi sebesar 7,8% hingga akhirnya hari ini laporan baru dirilis dengan persentase penurunan hingga 9,7%.

Laporan IDC tidak hanya memberikan gambaran pangsa pasar PC yang kian tergerus, tetapi juga menjadi proyeksi yang sangat jelas akan ekspansi para pelaku industri mobile yang kian mendorong popularitas tablet dan smartphone. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pertumbuhan industri mobile turut memberikan dampak terhadap permintaan perangkat PC.

Di tahun 2012 terdapat 148,2 juta unit yang dikirimkan ke seluruh dunia sementara di tahun 2013 diprediksikan akan turun menjadi 134,4 juta unit dan prediksi lanjutan mencatatkan pertumbuhan negatif hingga tahun 2017 di angka 123,1 juta unit.

Cina dan beberapa negara berkembang dilaporkan masih menjadi tumpuan industri PC untuk tetap menunjukkan catatan sehat, namun Eropa dan Amerika Serikat sudah menunjukkan gelagat negatif dengan mencatatkan pengiriman yang terus menurun di tahun 2013 ini.

Dari data yang dirilis oleh IDC dapat diproyeksikan bagaimana pertumbuhan pengiriman PC yang dipercaya masih terus melemah setidaknya hingga tahun 2014. Peningkatan satu digit setahun kemudian tak cukup menggembirakan karena diikuti dengan rentetan kejatuhan hingga 2017 yang bisa jadi pertanda runtuhnya dinasti PC.

Menariknya, IDC menyebutkan pengiriman tablet di tahun 2013 juga mengalami penurunan yang mengindikasikan bahwa smartphone berlayar lebar mulai merebut posisi pasar industri tersebut, ditambah lagi dengan bermunculan perangkat di kategori baru yaitu smartwatch yang berpotensi menjadi trend.

Sumber berita IDC dan gambar header mkoukoullis/Flickr.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again