1. Lifestyle

IDC: Tablet Android Dorong Pertumbuhan Pasar Tablet pada Q3 2013

Bagi para pemerhati pasar perangkat elektronik, kabar mengenai semakin populernya perangkat tablet tentu bukan berita baru. Tren meningkatnya popularitas tablet sudah beberapa kali dilaporkan oleh Gartner, ABI Research, dan IDC sebelumnya. Termasuk juga pada laporan terbaru IDC yang mengulas kondisi pasar tablet selama Q3 2013.

Pada laporan terbaru ini, IDC melaporkan pertumbuhan pasar tablet yang mencapai angka penjualan 46,7 juta unit  di kuartal ketiga 2013. Angka ini merepresentasikan pertumbuhan sebesar 36,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Kondisi ini bertolak belakang dengan pasar komputer personal yang justru diprediksi akan mengalami laju pertumbuhan negatif sebesar 8,4%.

Tablet-tablet berbasis sistem operasi Android disinyalir menjadi faktor utama yang mendorong berkembangnya pangsa pasar tablet. Meski Apple masih menjadi produsen tablet dengan pangsa pasar terbesar, produsen tablet-tablet Android seperti Samsung, Asus, Lenovo dan Acer menempel ketat di lima besar dengan total pangsa pasar yang jauh mengungguli Apple. Bahkan Samsung, Lenovo, dan dan Acer memiliki lajur pertumbuhan yang sangat besar di Q3 2013 lalu dengan masing-masing mengemas angka pertumbuhan 123%, 420%, dan 346%.

Belum lagi jika ditambahkan tablet-tablet yang dikategorikan sebagai "lain-lain" oleh IDC. Direktur Riset IDC, Tom Mainelli, menyatakan bahwa tablet-tablet Android dengan brand yang kurang terkenal (yang biasa disebut sebagai tablet white box) berkontribusi besar terhadap persentase pangsa pasar tablet Android. Secara statistik, setidaknya 35,3% tablet yang terjual selama Q3 2013 lalu merupakan tablet-tablet berkategori white box ini.

Untuk lebih lengkapnya Anda bisa melihat langsung komposisi pasar tablet pada kuartal ketiga 2013 lalu pada tabel di bawah ini atau pada situs IDC di tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again