MSME Tutorial

12 Ide Peluang Usaha Untuk Mahasiswa, Secara Digital dan Konvensional

Beberapa ide usaha yang dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk mulai merintis usaha.

Masa-masa saat menjadi mahasiswa adalah saat yang tepat untuk mengembangkan potensi diri. Salah satunya dapat dengan mencoba pengalaman merintis usaha, baik secara digital maupun konvensional.

Selain menambah pengalaman, merintis usaha dapat menambah penghasilan sehingga dapat digunakan untuk memenuhi keperluan kuliah, serta ditabung untuk masa depan. Kegiatan itu dapat memacu kemandirian mahasiswa, agar tak bergantung pada uang saku orang tua.

Ada pun beberapa ide usaha yang dapat menjadi peluang bagi mahasiswa untuk mulai merintis usaha, dipaparkan pada penjelasan di bawah ini.

Peluang Usaha Online bagi Mahasiswa

Dalam konteks ini, usaha online merupakan usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa, yang sebagian besar kegiatannya dilaksanakan secara digital. Mahasiswa juga tidak perlu banyak beraktivitas ke luar rumah. Selain itu, waktu kerjanya juga cenderung fleksibel.

1. Online Shop Reseller

Ide bisnis satu ini menjadi peluang paling mudah yang dapat dilakukan oleh mahasiswa. Dengan menjadi reseller, mahasiswa tidak perlu keluar banyak modal untuk produksi barang yang akan dijual. Cukup dengan menyediakan platform digital untuk menjual kembali barang dari toko lain, pundi-pundi rupiah dapat berdatangan.

2. Jual Barang Thrift dan Preloved Online

Usaha berikutnya yang dapat dicoba oleh mahasiswa adalah berjualan barang bekas pakai atau thrifted dan preloved. Harga barang thrifted cenderung lebih murah ketimbang barang asli, sehingga mahasiswa hanya perlu sedikit modal. Begitu pun, barang preloved, yang biasanya merupakan barang milik penjual yang sudah tak dipakai.

3. Jasa Translator (Penerjemah)

Bagi mahasiswa jurusan bahasa asing atau memiliki kemampuan bahasa asing, usaha jasa penerjemah dapat menjadi peluang yang baik. Jasa tersebut biasanya dibutuhkan oleh orang yang sedang melakukan penelitian, untuk menerjemahkan buku, jurnal hingga skripsi. Usaha ini juga fleksibel dapat dijalankan secara online.

4. Jasa Freelance Writer (Penulis Lepas)

Jenis usaha berikutnya yakni dengan membuka jasa menulis. Jasa satu ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan yang membutuhkan penulis untuk copy produk, hingga konten website dan media sosial mereka. Selain itu, klien jasa satu ini juga luas dan dapat dicari melalui berbagai platform digital.

5. Jasa Desain Grafis

Mahasiswa yang memiliki kreativitas dan kemampuan desain dapat memanfaatkan peluang membuka jasa desain grafis. Jasa satu ini banyak dibutuhkan di tengah gencarnya pemasaran digital. Klien jasa desain grafis antara lain bisa perusahaan besar, bisnis online hingga klien perorangan.

6. Content Creator

Media sosial dapat menjadi platform yang bisa digunakan anak muda dalam menuangkan kreativitas, salah satunya melalui konten. Dengan personal branding dan value konten yang baik di media sosial, mahasiswa bisa mendapatkan penghasilan, dari kerja sama brand seperti endorsement.

Ide Usaha Konvensional bagi Mahasiswa

Usaha konvensional dalam konteks ini berarti usaha yang dapat dilakukan oleh mahasiswa yang ingin terlibat langsung di lapangan. Usaha satu ini bagus untuk memperkaya pengalaman dan pengetahuan mahasiswa.

1. Wedding dan Event Organizer

Dalam sebuah acara pernikahan atau event besar lainnya, dibutuhkan kerja sama tim yang cekatan sehingga acara dapat berjalan sukses. Biasanya, pihak penyelenggara akan membutuhkan jasa pengelola acara yang dapat diandalkan.

Peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa yang memiliki modal untuk mendirikan usaha jasa organizer. Namun, jika belum ada modal untuk mendirikan usaha sendiri, mahasiswa juga dapat bergabung menjadi tim dari organizer yang telah lama berdiri.

2. Jasa Makeup Artist (Juru Rias)

Keterampilan rias wajah yang dimiliki mahasiswa dapat menjadi peluang menjanjikan. Jasa rias wajah biasanya akan dibutuhkan untuk acara atau hari spesial bagi seseorang, seperti pernikahan, wisuda dan lainnya. Lebih bagus lagi, apabila mahasiswa pernah mengambil kursus dan mempunyai sertifikat profesional sebelumnya.

3. Jual Buket dan Gift Box

Belakangan, kebutuhan buket dan gift box di kalangan mahasiswa sedang tren. Biasanya, permintaan akan buket dan gift box akan tinggi ketika musim wisuda atau acara khusus lainnya. Jenis usaha satu ini mengandalkan kreativitas dan keterampilan tangan, sehingga baik untuk dicoba oleh mahasiswa.

4. Bisnis Kaos dan Konveksi

Ide bisnis berikutnya adalah bisnis jual kaos dengan desain keren. Lalu, jika ternyata pasar menyukai kaos yang dijual tersebut, mahasiswa juga dapat merambah usaha memproduksi pakaian dalam jumlah banyak, dengan membuka usaha konveksi. Produk yang dapat dihasilkan dapat berupa seragam organisasi atau kaos angkatan mahasiswa di kampus dan lainnya.

5. Jasa Kursus atau Les

Jasa kursus atau les bisa jadi ide bisnis rumahan untuk mahasiswa. Dengan membuka usaha jenis ini, mahasiswa dapat mendapatkan penghasilan sekaligus membantu orang-orang sekitar dengan menyebarkan ilmu yang dimilikinya, seperti bahasa inggris, desain dan editing, persiapan SBMPTN dan lainnya.

6. Jasa Fotografi dan Videografi

Jasa fotografi dan videografi banyak dicari di kalangan mahasiswa untuk beberapa keperluan. Misalnya, foto wisuda, foto organisasi, dan lain sebagainya. Tak hanya sesama mahasiswa, klien jasa satu ini juga dapat berasal dari brand atau perusahaan. Dari usaha ini mahasiswa juga dapat mempertajam skill, memperbanyak portofolio dan memperluas relasi.

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter