Dalam rangka menguatkan posisinya sebagai perusahaan multiplatform media digital yang menyasar generasi millennials IDN Media meluncurkan IDN Creator Network. Sebuah Creator Marketing Agency yang bertujuan untuk menghubungkan creator dan brand untuk bisa menjalankan kampanye pemasaran yang lebih efektif.

IDN Media, yang berdiri sejak tahun 2014, dari awal memiliki visi untuk menjadi tempat aspirasi dan suara generasi millennials dan Z di Indonesia. Hingga saat ini, di tahun ketiganya, IDN Media setidaknya telah memiliki lima unit bisnis, yakni IDN Times dan Popbela.com sebagai sebuah portal media online, IDN Creative sebagai in house creative agency, IDN TV sebagai in house video production, dan IDN Event yang telah menyelenggarakan IDN CreativeFest dan BeautyFest Asia 2017.

Banyaknya permintaan mengenai pemasaran dengan teknik storytelling menjadi ide awal IDN Media meluncurkan secara resmi IDN Creator Network untuk memaksimalkan strategi dan penyampaian brand message dengan cara yang tepat.

“Storytelling tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan suatu cerita mengenai brand, penjelasan produk ataupun solusi yang ditawarkan. Melainkan sebuah pendekatan emosional, yang berasosiasi terhadap spirit dari sebuah brand, di mana menjadi faktor penentu apakah mereka akan membeli atau menggunakan jasa dari brand tersebut. Hal ini yang kita bangun di dalam IDN Creator Network,” ungkap Product Manager IDN Creator Network Alvina Bernice Suharianto.

Diluncurkan pada awal tahun ini, IDN Creative Network tercatat telah menggandeng lebih dari 130 top influencer Indonesia. Semuanya terbagi menjadi delapan kategori, yaitu Fashion, Beauty, Lifestyle, Parenthood, Food, Music, Travel dan Comedy.

Untuk brand, IDN Creator Network menawarkan pemasaran yang efektif dan keuntungan lain berupa harga yang kompetitif dan rekomendasi menyusun ide kreatif termasuk membantu memilihkan influencer yang tepat untuk menyuarakan pesan ke target konsumen. Untuk influencer, IDN Creator Network menawarkan heavy exposure melalui IDN Times dan Popbela.com.

“Pemilihan influencers dilakukan tidak hanya didasari jumlah followers, melainkan mereka yang mampu memberikan ‘nyawa’ terhadap brand melalui value lebih yaitu self-experience, sehingga terbentuk emotional branding yang merupakan komponen kuat bagi kesuksesan sebuah campaign. Untuk menciptakan pengalaman tersebut, story yang disajikan harus authentic, kreatif dan inspirational. Di sini peran kami untuk memastikan proses berjalan sesuai dengan keinginan brand sekaligus mengukur impact dari campaign tersebut,” jelas Alvina.