Categories

Home Appliance

Ikea Starkvind Adalah Air Purifier yang Berkamuflase Sebagai Meja

Starkvind juga dirancang agar kompatibel dengan ekosistem smart home Ikea Tradfri

Glenn Kaonang - 3 August 2021

Siapa yang tidak kenal dengan Ikea? Sebagian mengenalnya sebagai salah satu produsen furnitur terbesar di dunia, sebagian lain mengenalnya sebagai toko mebel dengan kantin yang menggugah selera. Lalu ada juga orang-orang seperti kita, yang mengenal Ikea sebagai sekumpulan desainer yang sangat pandai menyamarkan produk teknologi sebagai perabot rumah tangga sehari-hari.

Ikea memang belum terlalu lama melakukan hal ini, tapi sejauh ini mereka sudah menghasilkan tiga 'gadget siluman'. Ketiganya merupakan speaker yang masing-masing menyamar sebagai rak dinding, lampu meja, dan lukisan. Sekarang, tim desainer Ikea melirik kategori produk elektronik lain yang mendapat sorotan ekstra semenjak pandemi berlangsung, yakni air purifier.

Seperti yang bisa kita lihat pada gambar di atas, meja tersebut punya 'laci' aneh dengan lubang-lubang di sekujur permukaannya. Tentu saja itu bukan laci benaran, melainkan rangka bodi mesin pemurni udara. Namanya produk elektronik, tentu harus ada sumber listrik yang menenagainya, dan di sini Ikea telah menyembunyikan kabelnya di sepanjang salah satu kaki mejanya supaya terlihat lebih estetis.

Tidak bisa dipungkiri estetika memang menjadi bahan jualan utama perangkat bernama Ikea Starkvind ini, terutama mengingat sebagian besar air purifier yang tersedia di pasaran — yang kebanyakan hanya berbentuk balok atau silinder dengan jaring-jaring di bagian depan dan atasnya — bukanlah objek terindah yang bisa kita jumpai di rumah.

Sebagai sebuah meja, Starkvind tentu punya kans lebih besar untuk diposisikan lebih ke tengah di dalam suatu ruangan, sehingga pada akhirnya ia bisa bekerja dengan lebih baik ketimbang jika ditempatkan di sudut ruangan. Menurut Ikea, Starkvind ideal untuk ruangan dengan ukuran maksimum 20 m².

Dalam menjalankan tugasnya sebagai mesin pemurni udara, Starkvind mengandalkan sistem filtrasi tiga tahap. Yang pertama menyaring partikel besar seperti debu dan rambut. Selanjutnya, giliran partikel dengan ukuran 0,1-2,5 mikrometer yang disaring dengan tingkat efisiensi 99,5%. Tidak ketinggalan adalah filter khusus untuk menyerap berbagai macam gas berbayaha maupun bau-bauan yang tidak sedap.

Kecepatan kipasnya dapat diatur secara manual dalam lima tingkatan yang berbeda, atau bisa juga secara otomatis dengan memilih tiga mode yang tersedia, yaitu normal, boost, dan standby. Tingkat kebisingannya berada di kisaran 24 sampai 53 desibel, tergantung seberapa cepat putaran kipasnya.

Starkvind juga dirancang agar kompatibel dengan ekosistem smart home Ikea Tradfri. Jadi selain secara manual, pengguna juga dapat mengoperasikannya menggunakan aplikasi Ikea Home, termasuk halnya mengatur jadwal maupun memonitor kualitas udara di dalam ruangan, dengan catatan mereka sudah punya smart home hub Tradfri Gateway.

Ikea Starkvind model standalone / Ikea

Ikea menawarkan dua kombinasi warna untuk Starkvind, dan mereka berencana menjual produk ini di Amerika Serikat mulai bulan Oktober 2021 dengan harga $189. Alternatifnya, konsumen juga bisa memilih model lain Starkvind yang bukan berupa meja. Model standalone ini dihargai $129, dan bentuknya cukup standar dengan balutan kain di sekujur permukaannya.

Starkvind bukanlah air purifier pertama Ikea. Sebelumnya mereka sudah lebih dulu menjajakan mesin pemurni udara bernama Fornuftig. Bentuknya cukup standar, dan harganya pun jauh lebih murah.

Sumber: SlashGear dan Ikea.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter