Sejak penyajiannya diperkenalkan oleh mesin ketik lebih dari seabad silam, keyboard merupakan perangkat input pendukung aktivitas produktif terbaik. Teknologinya memang bertambah canggih, tapi penyampaiannya tidak banyak berubah. Beberapa hal kini jadi perhatian para produsen, salah satunya: bagaimana membuat keyboard lebih praktis tanpa mengorbankan performa.

Tim developer Serafim punya gagasan menarik. Mereka mengembangkan periferal bernama iKeybo, sebuah keyboard multi-bahasa dengan sistem proyeksi laser virtual, tak jauh berbeda dari teknologi yang diusung oleh mouse proyektor Odin Aurora. Uniknya, iKeyBo tidak hanya dapat digunakan buat mengetik. Keyboard laser tersebut bisa jadi piano digital, dan dapat tersambung ke berbagai jenis device seperti PC, Mac, smartphone sampai tablet.

iKeybo memiliki wujud kotak kecil dengan dimensi 5,3×7,9×4,24cm dan bobot 70 gram – ringkas dan ringan untuk dibawa-bawa. Tubuhnya terdiri dari proyektor laser, port USB, sensor inframerah dan stand buat menaruh smartphone Anda di atasnya. Saat dinyalakan, iKeybo bisa mengubah permukaan datar apapun jadi keyboard seluas 268x105mm. Tingkat kecerahannya dapat diatur agar tombol tetap terlihat jelas di background gelap.

iKeybo

Menariknya lagi, iKeybo didukung lebih dari satu bahasa. Anda bisa memilih layout bahasa Inggris, Spanyol, Arab serta China, dan menggantinya kapan saja. Selain itu, keyboard laser ini turut dibekali aplikasi musik build-in, memungkinkan Anda bermain atau mengaransemen lagu di manapun. Lalu saat baterai smartphone atau tablet mulai menipis, iKeybo juga dapat berperan jadi portable charger dadakan.

iKeybo 1

Device memanfaatkan teknologi ‘non-contact‘ dengan frame rate 90Hz, menghidangkan waktu respons kurang dari 11,11-milidetik, serta menyajikan total 78 tombol. Developer menyematkan baterai lithium-ion 2.000mAh di dalam, menyuguhkan waktu mengetik sampai 10 jam tanpa tersambung ke sumber listrik. iKeybo tak lupa menyimpan mode energy-saving, lalu transisi dari standby ke mode aktif berlangsung sangat singkat.

Serafim sengaja menggunakan layout tuts melingkar karena mereka percaya pendekatan ini membuat mengetik jadi lebih presisi. Keycap kotak di keyboard biasa dimaksudkan untuk menghemat ruang. Dampaknya adalah jarak antar tombol jadi berdekatan, menyebabkan seringnya salah ketik.

Oh satu lagi: tinggi dan tingkat kemiringan smartphone saat ditaruh di atas holder dirancang sedemikian rupa agar pas buat live stream atau merekam video.

iKeybo sudah bisa Anda pesan di situs crowdfunding Kickstarter. Selama masih tersedia, versi early bird dapat dimiliki seharga hanya US$ 80, rencananya akan mulai didistribusikan di bulan Mei 2017.