1. DScovery

Iklan Komersial: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Contohnya

Iklan komersial yang baik adalah iklan yang dapat menyampaikan informasi yang diinginkan dan konten yang sesuai dengan target pelanggan.

Apa yang dimaksud dengan iklan komersial? Salah satu jenis iklan yang bisa kamu temui dalam kehidupan sehari-hari adalah iklan komersial, yang dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan suatu barang atau merek. Apa itu iklan komersial? Dan bagaimana contoh iklan komersial itu?

Pengertian Iklan Komersial

Sebelum membahas definisi iklan komersial, kita harus memahami apa itu iklan. Iklan merupakan bentuk komunikasi berbayar yang sponsornya jelas.

Iklan komersial adalah iklan yang bertujuan untuk memasarkan barang atau jasa. Harapannya adalah pelanggan yang melihat iklan tersebut akan tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut.

Iklan yang menumbuhkan keinginan untuk membeli barang yang diiklankan adalah komponen penting dari iklan komersial. Idealnya, iklan ini akan meningkatkan permintaan pasar dan bahkan menghasilkan pendapatan.

Iklan komersial, terutama di platform digital, kadang-kadang hadir untuk menyarankan pelanggan untuk membeli barang atau makanan tertentu.

Meskipun demikian, tidak semua iklan komersial berfungsi sebagai alat pemasaran produk. Iklan komersial juga dapat dibuat untuk mengubah persepsi suatu merek atau meningkatkan pemahaman konsumen tentang merek tersebut.

Karena itu, menciptakan citra merek yang baik dapat membuat pelanggan langsung mengenali perusahaan, barang, dan merek tersebut. Mereka juga dapat memiliki penilaian yang baik tentang merek tersebut.

Tidak mengherankan bahwa iklan komersial dikemas dengan gagasan bahwa mereka akan membuat hidup pelanggan lebih bahagia, lebih mudah, atau lebih efisien.

Ciri-ciri Iklan Komersial

Agar kamu dapat membedakan iklan iklan dan iklan non-iklan, kamu harus memahami karakteristik berikut dari iklan komersial:

  1. Menampilkan Jenis Iklan yang Berbayar

Iklan komersial biasanya menampilkan produk atau jasa serta informasi produsennya secara menyeluruh dan jelas, dan ciri pertama dari iklan komersial adalah termasuk jenis iklan komunikasi berbayar dengan tujuan komersial.

Tujuan dari penyebaran informasi ini adalah agar pelanggan mengetahui merek dan melakukan pembelian barang atau jasa dari merek tersebut.

  1. Menjadi Persuasif

Persuasif adalah ciri lain dari iklan. Untuk menarik perhatian publik, iklan ini biasanya dibuat lebih persuasif untuk menjangkau target pasar. Kamu dapat menggunakan kalimat ajakan atau himbauan untuk mendorong orang untuk membeli barang atau jasa yang mereka promosikan.

  1. Tidak Mencakup Jenis Komunikasi Pribadi

Menurut ulasan sebelumnya, iklan komersial adalah bentuk komunikasi kepada masyarakat umum atau non-personal. Oleh karena itu, kamu harus membuat iklan ini semenarik mungkin untuk menjangkau target pasar yang paling besar.

  1. Memiliki Target Pelanggan Khusus

Setiap merek memiliki target pasar unik yang sesuai dengan barang atau jasa yang mereka jual. Jika dulu, iklan komersial ini sering ditampilkan di media televisi dan radio, sekarang lebih beragam.

Untuk iklan, kamu dapat menggunakan berbagai platform untuk beradaptasi dengan target pasar yang ingin mereka jangkau. Sebagai contoh, jika kamu mengiklankan produk untuk demografi anak muda, mereka akan lebih baik menggunakan media sosial sebagai platform.

Ini disebabkan oleh fakta bahwa banyak remaja saat ini menggunakan media sosial sebagai cara untuk berkomunikasi daripada radio dan televisi. Oleh karena itu, memilih media sosial yang tepat untuk iklan akan memaksimalkan hasil penjualan yang ingin dicapai.

Jenis-jenis Iklan Komersial

Sangat menarik bahwa iklan komersial memiliki banyak jenis dan masing-masing memiliki tujuan tertentu. Berikut adalah penjelasannya: 

  1. Iklan Komersial Strategi

Strategi iklan komersial bertujuan untuk membangun merek atau merek dengan menonjolkan keunggulan produk. Iklan ini bertujuan untuk mempertahankan pelanggan untuk jangka panjang. 

  1. Iklan Komersial Taktis

Iklan komersial taktis adalah iklan yang mendorong pelanggan untuk melakukan kontak dan membeli barang dengan cepat dengan memberikan penawaran menarik.

Contoh Iklan Komersial

Kampanye "Share a Coke", yang diluncurkan oleh Coca-Cola pada tahun 2011 dan langsung viral, merupakan salah satu iklan komersial terbaik yang pernah dibuat oleh perusahaan. Kampanye ini berhasil membuat perusahaan memperoleh banyak pelanggan baru.

Kampanye ini memungkinkan pelanggan untuk mencetak nama yang mereka inginkan di botol Coca-Cola mereka. Mereka dapat mencetak "Mama" jika mereka ingin membagi minuman untuk ibu mereka yang mereka sayangi.

Hal ini membuat konsumen merasa bahwa Coca-Cola peduli dengan mereka dan meningkatkan keterlibatan. Semua orang pasti tahu Coca-Cola, yang didirikan pada tahun 1944 dan tersebar di 200 negara. Namun, merek sebesar itu masih membuat iklan komersial untuk mempertahankan posisinya.

Kampanye tersebut mungkin dianggap sebagai peringatan iklan, tetapi daya tariknya yang kuat mampu menarik pelanggan baru. Ini adalah cara iklan yang efektif mempengaruhi bisnis. Sambil memastikan iklan perusahaan dijalankan dengan efektif, bisnis juga harus memperhatikan operasi harian mereka.

Jadi, jika pelanggan tidak memiliki pengalaman yang menyenangkan dengan bisnis, kualitas marketing yang baik tidak akan memiliki dampak jangka panjang.

Demikianlah tadi informasi mengenai iklan komersial. Semoga kamu semakin paham dengan dunia periklanan seperti iklan komersial ini. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again