1. Startup

IM2 Bakal Gelar Teknologi TDD LTE di Jawa Barat, Tanda Berakhirnya Teknologi WiMAX Yang Singkat?

Menyusul Sitra WiMAX yang memiliki lisensi Broadband Wireless Access (BWA) untuk kawasan Jabodetabek, IM2 yang memiliki lisensi serupa untuk Jawa Barat akan mengalihkan teknologinya ke TDD (Time Division Duplex) LTE. Hal tersebut ditegaskan oleh Presiden Direktur & CEO Indosat, Alexander Rusli, seperti dikutip dari IndoTelko, yang merupakan induk perusahaan IM2. Bisa diprediksikan bahwa penyedia layanan yang sama di area lain, bakal mengikuti jejak kedua perusahaan ini dan teknologi WiMAX bakal tinggal sejarah di Indonesia.

Alex Rusli mengatakan bahwa secara realita teknologi WiMAX tidak menghadirkan ekosistem yang bagus sehingga susah dikembangkan. Untuk itu dia menegaskan untuk langsung menggunakan teknologi TDD LTE saja untuk BWA yang dimiliki IM2. Tidak disebutkan secara pasti kapan layanan TDD LTE ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum, tapi Alex memprediksikan bahwa teknologi ini bakal cukup matang di Indonesia pada triwulan ketiga 2014.

Selama ini sejak memiliki lisensi BWA untuk kawasan Jawa Barat sejak tahun 2009, IM2 belum pernah menggelar layanannya secara langsung masyarakat dan hanya menguji coba teknologi WiMAX, baik standar (d) maupun (e). Setiap tahun IM2 membayar biaya lisensi kepada pemerintah dan nampaknya akhirnya investasi bertahun-tahun ini bakal berbuah juga mulai tahun depan. Jawa Barat sendiri merupakan zona dengan potensi pelanggan layanan BWA terbesar kedua setelah Jabodetabek.

Indosat sendiri juga merupakan satu dari tiga operator seluler yang sudah mengajukan implementasi LTE di Indonesia. Alex mengakui pihaknya tidak terlalu khawatir nantinya ada persaingan antara operator seluler dengan ISP pemilik lisensi BWA karena teknologi seluler masih unggul dengan menyediakan layanan suara/menelepon yang masih dibutuhkan masyarakat umum.

Bisa dibilang kegagalan penerapan teknologi WiMAX di Indonesia berakar pada tidak berkembangnya inovasi teknologi ini secara global. Operator seluler Sprint di Amerika Serikat misalnya, telah beralih ke LTE dari Mobile WiMAX setelah kualitas kecepatan Internet yang dihasilkan oleh Mobile WiMAX tidak sebaik yang diharapkan.

Di Jabodetabek sendiri, Sitra WiMAX sempat gencar mengkampanyekan layanan WiMAX-nya yang bercitra "teknologi 4G". Ternyata berdasarkan keluhan yang masuk dan kualitas layanan yang diberikan, Sitra WiMAX banting setir dan memilih menutup layanannya untuk sementara. Meski tidak secara rinci menyebutkan perbaikan teknologinya, bisa dipastikan mereka akan mengalihkan teknologinya ke TDD LTE.

This mobile channel is brought to you by Samsung Developer Competition 2013. SDC ’13 is an app competition for Android apps that leverage Samsung’s mobile technologies. For more information please visit http://techne.dailysocial.net/sdc

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again