1. Startup

IM2 Modifikasi Kongkoow Menjadi Online Marketplace

Kami pernah mengulasKongkoow yang didirikan oleh IM2, salah satu anak perusahaan Indosat, di tahun 2008. Kala itu Kongkoow fokus sebagai situs pertemanan dan berharap menjadi "MySpace-nya Indonesia". Setelah 3 tahun, kita tahu MySpace tumbang dan Kongkoow tidak mendapatkan traction yang diharapkan. Kini IM2 banting setir. Pihaknya berusaha untuk menfasilitas Kongkoow menjadi online marketplace bagi Usaha Kecil Menengah (UKM).

Seperti dikutip dari Tempo Interaktif, Kongkoow akan menjadi sarana bagi UKM untuk berjualan di Internet. Ini melengkapi bisnis IM2 yang memang selama ini fokus ke area infrastruktur. Nantinya IM2 akan mem-bundling layanan koneksi Internet broadband dan ruang di toko online ini. Tidak disebutkan dukungan IM2ini  apakah tmencakup pelatihan pembuatan toko dan pengelolaannya di Kongkoow.

Sayangnya, saat saya berkunjung ke alamat yang seharusnya menjadi online marketplace Koongkow, platform marketplace yang digadang-gadang ini nampaknya belum siap. Saya tidak tahu apakah engine yang dipakai apakah dengan tampilan yang sekarang, karena nampaknya sejumlah dummy yang ada dibuat di tahun 2008 ataupun 2009. Jika itu merupakan engine yang dipersiapkan, sungguh sayang sekali karena tampilannya jauh dari kesan menarik.

Buat saya, selain memberikan ruang bagi UKM untuk memperluas usahanya di ranah online, perlu ada pelatihan kepada penggiat UKM tentang behavior pengguna Internet. Ini penting karena kebanyakan dari UKM ini saya yakin belum mengenal Internet dan behavior penggunanya. Apakah barang ataupun jasa yang dijual merupakan sesuatu yang diinginkan oleh pengguna Internet? Belum tentu. Oleh karena itu sebelum terjun langsung ke area online, IM2 perlu membekali para pengusaha UKM dengan pengetahuan yang cukup. Ini untuk menghindari kemungkinan gegar budaya ataupun kesulitan untuk bertahan karena cara pemasaran yang tidak tepat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again