Categories

Gadget

Implan North Sense Berikan Anda Indra Keenam

North Sense akan memberikan pengalaman baru, di mana Anda bisa merasakan medan magnet dan mengetahui arah utara.

Yoga Wisesa - 10 August 2016

Istilah indra keenam mengacu pada kapabilitas manusia menerima informasi selain dari pengelihatan, pendengaran, rasa, aroma dan sentuhan; biasanya dikaitkan dengan tema paranormal di film-film. Dan berkat terobosan unik di ranah wearable, terbuka kesempatan bagi Anda yang penasaran ingin merasakan indra di luar kemampuan normal manusia.

Cyborg Nest, tim yang terdiri dari peneliti dan praktisi teknologi implan, memperkenalkan North Sense. Ia adalah perangkat wearable mungil berbentuk chip dengan konektivitas Bluetooth, dan Anda dapat 'mengenakannya' sebagai piercing di tubuh. Menurut developer, North Sense akan memberikan pengalaman baru, di mana Anda bisa merasakan medan magnet dan mengetahui arah utara. Indra seperti ini juga dimiliki beberapa jenis hewan.

Kepada Digital Trends, CEO Cyborg Nest Liviu Babitz menjelaskan bahwa visi timnya ialah memungkinkan manusia mengubah dirinya jadi cyborg dengan memperluas indra, dan North Sense merupakan sebuah permulaan. Mereka berencana mengembangkan lebih banyak implan sejenis di waktu ke depan. Melalui kesanggupan membaca arah utara, Anda dapat merasakan sensasi 'orientasi favorit' - layaknya menyukai wangi bunga ataupun rasa makanan tertentu.

Ide North Sense terlahir kira-kira setahun lalu. Saat itu Cyborg Nest mencoba mengurutkan beberapa inovasi yang bisa diciptakan. Mereka melangsungkan riset dan menyadari bahwa proyek ambisius ini dapat dimulai melalui menambahkan kemampuan mendeteksi arah di tubuh manusia, apalagi hal tersebut berhubungan dengan Feng Shui serta faktor religi. Babitz menyampaikan, "Utara merupakan arah penting dilihat dari bagaimana ia membentuk realita kita."

Penerapannya sama sekali tidak mudah karena Cyborg Nest harus menentukan 'rasa' yang tepat. North Sense sendiri tersaji cukup sederhana, tanpa tombol ataupun lampu LED. Meski demikian, ia diklaim dapat memengaruhi otak. Dengan manambah satu lapis indra (yaitu arah utara), maka orientasi menjadi satu faktor krusial dalam mengingat hal.

Tentu saja orang bisa menggunakan smartphone ataupun kompas buat mengetahui mata angin, tapi dengan mengusung pendekatan berupa piercing, North Sense tertambat di tubuh setiap waktu, dimaksudkan untuk menumbuhkan sensitivitas indra tersebut - bukan sekedar membaca arah. Babitz bilang, inkarnasi selanjutnya boleh jadi didesain sebagai implan yang ditanam di tubuh manusia. Buat sekarang, North Sense bekerja dengan mengeluarkan vibrasi begitu Anda menghadap ke utara.

Kabar baik buat Anda yang penasaran ingin menjajal implan indra keenam itu. North Sense sudah bisa di-pre-order di situs Cyborg Nest, ditawarkan seharga US$ 350.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter