1. Startup

Implementasikan API Tiket, Dycode Bawa Tiket Kereta ke Nokia Store

Ajakan bagi para pengembang untuk memanfaatkan API yang dimiliki oleh Tiket langsung disambut oleh Dycode. Dycode yang berbasis di Bandung membawa Tiket Kereta yang ditujukan untuk pengguna Nokia Asha dan Asha Full Touch. Tersedia dua aplikasi yang terpisah untuk versi non-touchscreen Asha dan touchscreen Asha Full Touch. Menggunakan aplikasi ini, pengguna ponsel Nokia tidak perlu repot lagi untuk membeli tiket kereta, apalagi di musim mudik seperti ini. Tiket Kereta bebas untuk diunduh di Nokia Store.

Pembuatan aplikasi Tiket Kereta untuk Nokia Asha ini melengkapi kemudahan reservasi online tiket kereta. Metode online hadir dengan peluncuran di situs resmi Kereta Api per 3 Agustus lalu, lalu disusul dengan kehadirannya di situs Tiket. Tiket memberikan akses kepada pengembang yang berminat untuk memanfaatkan API-nya agar bisa diimplementasikan di berbagai macam aplikasi dan platform dengan skema bagi hasil untuk setiap penjualan. Tiket Kereta adalah salah satu early adopter kerjasama ini.

Aplikasi Tiket Kereta sendiri terhitung simpel tapi tetap pada fokus tujuan utama yaitu memberikan kemudahan bagi pengguna untuk membeli tiket kereta di ponsel. Pengguna bisa melakukan pembayaran menggunakan transfer bank di Bank Mandiri dan BCA. Khusus untuk BCA, aplikasi ini juga mendukung pembelian langsung melalui Internet Banking KlikBCA.

Saya sendiri belum mencobanya tapi ini merupakan diversifikasi yang menarik mengingat sebagian besar pengguna moda kereta api memang bagian dari masyarakat kelas menengah. Nokia Asha merupakan pemimpin di kelas feature phone ketika vendor ponsel yang lain beralih ke smartphone. Berdasarkan laporan keuangan Kuartal Kedua 2012, 73.5 juta unit  Nokia Asha berhasil terjual di seluruh dunia dalam tiga bulan terakhir.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again