Categories

Analisis

Persaingan Indomaret dan Alfamart Merembet ke Kancah Digital

Masing-masing menyuguhkan Alfaonline dan KlikIndomaret, sayangnya sama-sama belum menyediakan protokol keamanan di situs masing-masing

Prayogo Ryza - 27 July 2015

Alfamart dan Indomaret adalah dua brand minimarket terbesar yang secara fisik sering kita jumpai bersebelahan satu sama lain. Kini di tengah semarak industri e-commerce di Indonesia, keduanya sama-sama meluncurkan portal e-commerce, yakni Alfaonline dan KlikIndomaret. Dalam artikel ini kami mencoba membandingkan layanan yang diberikan keduanya.

Penggunaan Protokol Keamanan (Https)

Tak seperti situs e-commerce kebanyakan, Alfaonline dan KlikIndomaret tampaknya belum menggunakan protokol keamanan yang memadai di situs mereka masing-masing. Dari pengamatan DailySocial, tidak ada tanda-tanda redirect ke protokol https meski sudah melakukan registrasi dan masuk ke dalam sistemnya. Hal ini jelas menimbulkan pertanyaan, mengingat beberapa situs e-commerce lain seperti Tokopedia, Lazada dan Bukalapak sudah memanfaatkan protokol ini untuk keamanan data pelanggan.

Situs Alfamart tanpa SSL

Situs Indomaret tanpa SSL

Fungsi protokol https adalah mengenkripsi lalu lintas data yang dikirimkan dan diterima dari dan menuju ke web server. Membiarkan layanan e-commerce melalui protokol standar (http) adalah sebuah pilihan yang buruk. Di dalam sistem e-commerce terdapat beberapa data krusial pengguna, seperti alamat, nomor telepon pribadi hingga nomor rekening.

Metode pembayaran

Kategori selanjutnya yang kami bandingkan adalah metode pembayaran. Sebagai brand minimarket kenamaan, kedua menyuguhkan beragam pilihan untuk metode pembayaran layanan e-commerce mereka. Dari keterangan yang tercantum di situs masing-masing, Alfaonline terlihat lebih banyak memiliki metode pembayarannya. Mulai dari menggunakan Alfamart e-voucher, Mandiri Clickpay, BCA KlikPay, transfer via bank, Cash on Delivery (COD), hingga pembayaran langsung (rekening ponsel, Indosat Dompetku, XL tunai, Top Up, dan Doku Wallet) di gerai-gerai Alfamart.

Sementara KlikIndomaret memberikan pilihan metode pembayaran melalui BCA KlikPay, Mandiri Clickpay, kartu kredit, transfer via ATM, COD, dan tunai di gerai Indomaret (cash, menggunakan debit card, voucher Indomaret, dan Indomaret card).

Sebagai layanan yang diluncurkan lebih dulu dan telah melakukan serangkaian kerja sama dengan payment gateway maupun operator, wajar jika Alfaonline sedikit lebih unggul. Jika ingin terus bersaing dan tak mau kalah dengan Alfaonline, Indomaret harus bekerja sama dengan lebih banyak penyedia layanan payment gateway. Semakin banyak pilihan tentu semakin memudahkan pelanggan untuk berbelanja.

Coverage Area

Untuk kategori ini Alfaonline memang terlihat lebih siap dan matang. Sejauh ini Alfaonline sudah mencakup kawasan Jabodetabek, Bandung, Semarang, Klaten, Yogyakarta, dan Surabaya. Di sisi lain, KlikIndomaret baru melayani DKI Jakarta untuk produk grocery dan Jabodetabek untuk produk selain grocery.

Persaingan dalam kategori ini tampaknya hanya menunggu waktu. Dengan jumlah gerai yang tak jauh berbeda, KlikIndomaret secara berangsur bisa menyediakan cakupan wilayah yang sebanding dengan Alfaonline.

Metode Pengiriman

Yang terakhir dan tak kalah penting adalah metode pengiriman. Untuk kategori ini keduanya sama-sama memberikan dua pilihan bagi pelanggan mereka mendapatkan barang pesanan, yakni melalui layanan pesan antar dan mengambil barang langsung di gerai terdekat.

Sebagai pemain di sektor e-commerce, tak dapat dipungkiri bahwa Alfaonline dan KlikIndomaret memiliki keunggulan ribuan gerai fisik yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Jika mereka menerapkan konsep Online-to-Offline dengan tepat, keduanya bisa menjadi tulang punggung penting untuk perkembangan layanan e-commerce di seluruh pelosok.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter