1. Startup

Indomaret Jadi Mitra Perdana Penjualan Gift Card Google Play di Indonesia (UPDATED)

Tersedia 3 jenis denominasi, 150 ribu Rupiah, 300 ribu Rupiah, dan 500 ribu Rupiah

Google akhirnya bermain langsung di pasar ritel konsumsi aplikasi di Indonesia dengan menggandeng Indomaret, sebagai mitra perdana, untuk menjual gift card Google Play secara fisik. Sementara ini mereka menyediakan 3 jenis denominasi, 150 ribu, 300 ribu, dan 500 ribu Rupiah. Diharapkan penjualan gift card di lebih dari 12 ribu jaringan Indomaret bisa mendorong konsumsi konten yang lebih mudah.

Selama ini, selain menggunakan kartu kredit, Google telah menggandeng Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo untuk skema carrier billing. Google Play di Indonesia bisa dikonsumsi untuk membeli konten di Play Store, Play Books, Movies, dan Newsstand. Satu-satunya layanan yang belum resmi masuk adalah Play Music.

Android adalah platform smartphone yang paling dominan di Indonesia untuk saat ini dan usaha Google menerbitkan gift carddalam bentuk fisik merupakan bentuk diversifikasi metode pembayaran untuk menjangkau khalayak yang lebih luas (dan pendapatan yang lebih besar).

Dibandingkan platform iOS, tingkat konsumsi konten pengguna Android cenderung lebih rendah. Hal ini berimbas pada perolehan pendapatan yang lebih tinggi untuk pengembang iOS. Penerbitan gift cardfisik seperti ini menambah opsi pembayaran di Indonesia yang tingkat penetrasi kartu kreditnya hanya sekitar 3-4% dari total populasi.

Google Play Kode Voucher

Jika saya bisa memberi saran, denominasi di bawah 100 ribu Rupiah, misalnya 25 ribu dan 50 ribu Rupiah, seharusnya membawa animo konsumen yang lebih tinggi lagi.

Update: Pihak Google mengkonfirmasi bahwa gift card yang dijual di Indomaret tidak dalam bentuk fisik, tetapi melalui gerai-gerai yang menyediakan mesin i-Kios. Berikut ini adalah panduan untuk menukarkan kode voucher atau promosi di Google Play https://support.google.com/googleplay/answer/3422659?hl=id.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again