1. Startup

Indonesia Catat 3,3 Miliar Unduhan Mobile Game, Terbesar Ketiga Dunia

Namun, menurut laporan data.ai, daya belanja gamer Indonesia berada di posisi 16 dengan total pengeluaran sebesar $288 juta

Penyedia analisis data mobile

data.ai
(sebelumnya App Annie) mengungkap Indonesia sebagai pasar mobile game terbesar ketiga berdasarkan unduhan Google Play di 2022. Total unduhannya mencapai 3,37 miliar di mana posisi pertama ditempati oleh India (9,52 miliar), lalu disusul Brasil (4,42 miliar).

Namun, daya beli konsumen untuk membeli item mobile game masih kalah dari negara lain. Dalam laporan bertajuk "State of Mobile Gaming 2023", para gamer Indonesia menghabiskan $288 juta untuk belanja mobile game di 2022, menempati posisi ke-16 dari 20 negara se-dunia. Di atas Indonesia, ada Thailand dengan total belanja $329 juta.

Sumber: State of Mobile Gaming 2023 by data.ai

Laporan tersebut juga mengungkap, game terfavorit yang banyak diunduh orang Indonesia. Per kuartal I 2023, game Mobile Legends: Bang Bang menduduki posisi teratas, juga terdepan dalam hal belanja konsumen, serta pengguna aktif bulanan. Sebelumnya, action game ini juga memimpin pertumbuhan belanja konsumen di Indonesia yang melonjak sebesar $9,9 juta dari tahun 2021 hingga 2022, diikuti oleh Higgs Domino Island yang tumbuh $7,6 juta.

"Riset kami menunjukkan bahwa minat terhadap mobile game masih sangat tinggi. Sebagai salah satu pasar terbesar untuk industri mobile game dengan lebih dari 3 miliar unduhan tahun lalu, terdapat peluang untuk pertumbuhan yang signifikan bagi pasar game di Indonesia. Industri game di Indonesia yang dinamis ini akan terus mencetak pertumbuhan yang luar biasa di tahun-tahun mendatang," ujar Lexi Sydow, Head of Insights at data.ai dalam keterangan resmi, kemarin (17/4).

Menariknya, dua game lokal berhasil masuk ke dalam daftar game yang paling banyak diunduh, yaitu Clackers Master: Latto Latto oleh Own Games Indonesia di posisi ke-7 dan Aku si PETERNAK LELE oleh KAJEWDEV di posisi ke-4. Serupa dengan dengan Clackers Master, game Latto-Latto ini juga tumbuh mengesankan dengan kenaikan 621 peringkat ke posisi 8.

Popularistas game ini berkaitan dengan nostalgia para pemain terhadap mainan anak Indonesia zaman dulu, yaitu bola kentongan atau yang biasa disebut latto-latto, yang kembali populer di kalangan anak-anak zaman sekarang.

data.ai

Data global

Laporan data.ai juga mengungkap, jumlah belanja konsumen mobile game secara global turun -5% menjadi $110 miliar pada 2022. Hal ini dapat dikaitkan dengan dua tren, yakni resesi dan ketidakpastian ekonomi global, serta perubahan peraturan tentang user targeting yang berdampak pada pendapatan para penerbit mobile game.

Menurut data kuartal I 2023, hal ini dapat menjadi koreksi jangka pendek dalam pola kenaikan jangka panjang, mengingat mobile gamer di dunia saat ini menghabiskan sekitar $1,64 miliar dan mengunduh hampir 1,2 miliar game setiap minggunya. Meski angka-angka ini belum mencapai tingkat belanja konsumen di masa puncak pandemi, para gamer di dunia mengikuti tren untuk terus mengeluarkan uang melampaui total nominal belanja mobile game pada kuartal I 2020, atau naik hampir 30% dari masa sebelum pandemi.

More Coverage:

Sumber: State of Mobile Gaming 2023 by data.ai

Amerika Serikat ($9,66 miliar), Jepang ($4,48 miliar), dan Korea Selatan ($4,16 miliar) memberikan kontribusi terbesar terhadap tingkat belanja konsumen di dunia (berdasarkan unduhan Google Play) pada kuartal I 2023. Demikian pula pada iOS, performa teratas ditempati oleh AS ($14,35 miliar), Tiongkok ($14,34 miliar), dan Jepang ($8,61 miliar). Sementara, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan mengalami pertumbuhan terbesar dibandingkan kuartal IV 2022.

Bila melihat dari segi unduhan, India (9,52 miliar), dan Brasil (4,42 miliar) memimpin sebagian besar aktivitas di Google Play, dengan Turki, Rusia, dan Irak mencatat pertumbuhan jumlah unduhan absolut terbesar dalam perbandingan kuartal ke kuartal. Pada iOS, pasar terbesar dipimpin oleh AS (2,19 miliar) dan Tiongkok ($1,36 miliar), dengan AS, Turki, dan Rusia menambah jumlah unduhan terbanyak dibandingkan dengan kuartal IV 2022.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again