1. Startup

Indonesia Terkini, Aplikasi PlayBook Pertama dari Apps Foundry

BlackBerry PlayBook baru saja diluncurkan di Indonesia. Konten media berbahasa Indonesia di platform ini sementara didominasi oleh buatan Kompas Gramedia. Kini Apps Foundry berusaha menawarkan sesuatu yang berbeda.

Menggandeng sejumlah publisher seperti Tempo Interaktif, The Jakarta Globe, DailySocial, TeknoUp, Urbanesia, InfoBank, Marketeers dan Autocar Indonesia, Apps Foundry mengkreasikan Indonesia Terkini. Apps Foundry mengkurasinya supaya pengguna PlayBook bisa memperoleh konten berita Indonesia secara interaktif seperti layaknya majalah digital.

Menarik bahwa aplikasi semacam ini diluncurkan untuk PlayBook, bukan iPad sebagaimana yang selama ini menjadi andalan Apps Foundry. Nampaknya Apps Foundry melihat masih banyak peluang di platform BlackBerry Tablet OS ini terutama karena pesaingnya masih belum banyak dan dengan hype BlackBerry di Indonesia, mereka memperkirakan readership melalui PlayBook bakal cukup besar. Apps Foundry sebelumnya sudah meluncurkan sejumlah aplikasi untuk iPad, di mana yang paling populer adalah SCOOP.

Willson Cuaca, CEO Apps Foundry, mengatakan dalam siaran persnya, "Media tablet sudah merubah cara kita mengkonsumsi media digital dan kita baru berada di awal dari evolusi ini. Masih banyak sekali kesempatan dan inovasi yang perlu dijelajahi dan Apps Foundry melihat peluang ini. Kita melihat kebutuhan curated content karena informasi yang tersedia di pasar terlalu banyak dan terjadi information overloaded. Dengan Indonesia Terkini, kami bekerjasama dengan media partner untuk menyajikan informasi tentang Indonesia yang terpilih melalui Blackberry Playbook."

Willson juga mengkonfirmasi akan hadir sejumlah aplikasi lain untuk PlayBook dari Apps Foundry. Selama ini pasar tablet di Indonesia didominasi oleh iPad dengan BlackBerry PlayBook dan sejumlah tablet berbasis Android [Honeycomb dan Gingerbread] berusaha menyeruak. Antrian pembeli iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 beberapa waktu yang lalu menunjukkan animo yang cukup tinggi untuk pasar tablet di sini.

Saya pribadi tidak bisa mengomentari experience secara langsung bagaimana membaca tulisan melalui aplikasi ini -- karena tidak ada device-nya -- tapi melihat cuplikan tampilannya saya melihat ada inspirasi yang diambil dari Flipboard. Dan itu buat saya pertanda bagus karena Flipboard memberikan experience yang menyenangkan untuk para pembacanya.

Anda yang sudah menggunakan BlackBerry PlayBook silakan mengunduhnya di tautan berikut [atau cari "Indonesia Terkini" di App World] dan informasikan kepada kami pendapat Anda.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again