1. Startup

Indosat dan Alfamart Luncurkan Dompetku, Program Transaksi Keuangan Online Melalui Smartphone

Indosat kemarin mengumumkan kerjasamanya dengan salah satu jaringan waralaba swalayan terbesar di Indonesia, Alfamart, menghadirkan layanan program transaksi keuangan online yang disebut Dompetku. Layanan ini tidak hanya dapat digunakan untuk berbelanja di Alfamart namun juga dapat digunakan untuk transaksi perbankan.

Indosat selaku penyedia platform pembayaran online ini melalui Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat menyatakan tanggapan positifnya terhadap peluncuran produk baru Indosat hasil kerjasama dengan Alfamart tersebut. Dirinya mengatakan, peluncuran ulang dari produk Dompetku ini merupakan tindak lanjut pengembangan yang dilakukan oleh kedua belah pihak sejak pertama kali Dompetku diluncurkan pada 2008 silam. Ia juga menambahkan program Dompetku ini diyakini akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dan yang terpenting dapat menghadirkan pengalaman tersendiri bagi pelanggan setia Indosat dalam bertransaksi di gerai Alfamart.

"Kerja sama ini akan sangat menguntungkan baik pihak kami (Indosat), Alfamart dan tentu saja pelanggan," ujar Alexander Rusli di sela-sela acara peresmian program Dompetku di Mall Central Park, Jakarta Barat.

Lebih jauh ia menambahkan dengan diluncurkannya program ini adalah semata-mata untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki akun bank, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah pedalaman. "Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk memfasilitasi masyarakat yang belum memiliki akun bank, khususnya masyarakat di kota-kota kecil dan pedesaan. Jangkauan bank untuk saat ini masih belum merata, masih terkonsentrasi di daerah pusat. Di sini Indosat dan Alfamart memiliki keunggulan, jangkauan kami lebih luas dibandingkan bank," tambahnya.

Hal ini memang dipandang cukup ironis, mengingat menurut data yang disampaikan Indosat saat ini pelanggan Indosat telah mencapai kurang lebih sekitar 60 juta pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah, sedangkan jumlah orang Indonesia yang memiliki akun bank hanya mencapai 40 juta. Dengan diluncurkannya program ini, jelas diharapkan mampu menjadi layanan yang fungsional bagi seluruh masyarakat mengingat Alfamart memiliki 7500 outlet yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Program yang menawarkan transaksi dasar perbankan bagi seluruh pelanggan Indosat ini juga dinilai mampu menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin melakukan transaksi dasar bank dengan hanya menggunakan sebuah nomor ponsel Indosat. Hal ini dipertegas oleh Frans Prawira selaku Managing Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, yang sempat mengatakan, "selain dapat membelanjakan uangnya di Dompetku, pelanggan Indosat juga bisa mengisi saldo dan mencairkan uang dari akun Dompetku di Alfamart. Nomor ponsel akan berfungsi layaknya nomor rekening," ungkapnya.

Terlihat jelas bahwa grup Alfamart mengerti betul tentang potensi e-commerce untuk memperluas jangkauan dan layanan dan secara cepat mengambil langkah-langkah yang semakin agresif dalam pengembangannya, khususnya pada pasar digital. Pada awal tahun ini, Alfamart terjun langsung ke dunia e-commerce dengan meluncurkan layanan Alfa Online, disusul oleh kerjasama dengan DOKU Wallet pada bulan Mei untuk menunjang transaksi online pada layanan e-commercenya. Selain itu Alfamart juga telah bekerjasama dengan MOL dan Indomog untuk penjualan berbagai macam voucher game online.

[Header image dari Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again