1. Startup

Indosat Bergabung dengan Program ng Connect

Program ng Connect yang merupakan inisiatif Alcatel-Lucent untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi generasi mendatang (next generation -- ng) menyambut 20 anggota baru, di mana Indosat adalah operator telekomunikasi pertama yang menjadi anggotanya. Dengan total anggota 80 perusahaan, ng Connect saat ini fokus di kawasan Asia karena teknologi generasi mendatang sedang berakselerasi di region ini. Teknologi generasi mendatang seringkali kita istilah sebagai 4G yang memiliki kecepatan tinggi -- belasan hingga ratusan Mbps.

ng Connect menekankan pada bagaimana teknologi berkecepatan tinggi, seperti LTE, nantinya memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat -- tak hanya di bidang telekomunikasi tapi juga seluruh aspek kehidupan. Di CES 2012 mendatang, seperti dikutip di siaran persnya, ng Connect akan mengumumkan konsep layanan baru yang berfokus pada kesehatan, hiburan, dan ritel. ng Connect menawarkan kepada para anggotanya kolaborasi secara penuh, baik di sisi riset maupun pemasaran dan penjualan.

Indosat sendiri di akhir Oktober lalu sukses menggelar ujicoba penerapan layanan LTE di frekuensi 1800 MHz di Surabaya dan Denpasar. Ujicoba LTE di  frekuensi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Nokia Siemens Networks (NSN) dan mendemonstrasikan pemanfaatan sistem e-doctor dan e-education seperti berkonsultasi dengan dokter ataupun dosen melalui video conference.

Hasil demonstrasi jaringan LTE Indosat ini menurut NSN dapat menghantarkan throughput sampai dengan 100 Mbps dengan latency sebesar 10 milidetik. Meskipun demikian, belum ada kepastian kapan Indosat bakal secara penuh mengimplementasikan LTE ke jaringannya.

Video berikut adalah contoh hasil kolaborasi ng Connect yang menjadi konsep LTE Connected Car (saat ini sudah versi 2.0) yang didukung oleh China Mobile:

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again