1. Startup

Indosat Ooredoo Bawa Gelaran IWIC ke-10 di Ranah Global

Tema yang diusung kali ini adalah #ChangetheWorld dan mulai melibatkan peserta internasional

Satu dekade sudah Indosat Ooredoo menjaga konsistensi program Indosat Oorede Wireless Innovation Contest (IWIC) yang digelar satu kali setiap tahun. Di dekade pertamanya ini, IWIC dibawa Indosat ke ranah global dengan mengusung tema #ChangetheWorld dan peserta dari belahan dunia lain pun kini bisa berpartisipasi. Tujuannya yakni ingin menunjukkan bahwa Indonesia juga adalah negara pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah internasional.

Melalui keterangannya, Presiden Director dan CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli mengatakan, “Komitmen kami menjadi operator telekomunikasi terdepan di Indonesia dan membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Melalui IWIC, Indosat Ooredoo ingin mengajak pemuda Indonesia dan pemuda di belahan dunia lain untuk menciptakan ide dan aplikasi agar Indonesia bahkan dunia jadi lebih baik.”

Indosat mengklaim bahwa di gelaran ke-10 ini, IWIC telah berhasil mengumpulkan total 7.111 ide dan aplikasi mobile yang berpartisipasi. Ajang kompetisi tahunan dari Indosat Ooredoo ini sendiri telah dimulai sejak tahun 2006 silam.

Kategori yang jadi sorotan dan dapat diikuti dalam gelaran IWIC ke-10 ini adalah Special Category for Woman & Girls yang merupakan bentuk dukungan pemberdayaan perempuan dan Disabled Category bagi masyarakat berkebutuhan khusus. Selain itu ada juga kategori Kids, Teens, University Student and Public, dan Developers Category yang dapat diikuti oleh peserta sesuai jenjang usia.

Seluruh kategori nantinya akan berkompetisi untuk ide dan aplikasi di bidang Communications, Lifestyle, & Education, Multimedia & Games, Utility (tools, security, ideas or apps for disabled), tourism, dan Social Innovation.  Peserta dapat membuat ide dan aplikasi untuk diaplikasikan di sistem operasi Android, Apple, Symbian, Blackberry, dan Windows Phone.

Gelaran IWIC ke-10 sendiri telah resmi dimulai sejak 21 April 2016 dan akan berakhir pada 2 November 2016. Rangkaian kegiatan yang akan digelar di antaranya yaitu roadshow ke berbagai kampus di Indonesia, gathering dengan komunitas developer, Pesta Digital Anak Indonesia, Hackathon, dan Bootcamp menjelang final IWIC.

Indosat juga telah menyiapkan ragam hadiah bagi para peserta yang berhasil keluar sebagai pemenang, seperti uang tunai, gawai terbaru, hingga kesempatan untuk mendapat beasiswa. Untuk gelaran IWIC ke-10 kali ini, Indosat bekerja sama dengan Kompas Gramedia, Tech in Asia, Dicoding, Haruka Edu, Cody’s App Academy, dan Yayasan Cendikia Indosat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again