1. Startup

Indosat Ooredoo dan Lintasarta Berkomitmen Pada Pengembangan Smart City dengan Solusi City Care

Sebuah platform smart city yang akan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dan bersifat open platform dan open data

Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi, Indosat Ooredoo dan Linstasarta tidak mau ketinggalan meramaikan teknologi Internet of Things (IoT) dengan sejumlah solusi yang dihadirkan dalam rangka membantu percepatan semangat smart city di Indonesia. Dalam ajang Indonesia Smart City Forum yang digelar kemarin, tanggal 2-3 September 2016 di Bandung, Indosat Ooredoo dan Lintasarta kembali menegaskan komitmen mereka dalam penerapan smart city di Indonesia.

Indosat Ooredoo dan Lintasarta memperkenalkan City Care, sebuah platform smart city yang diklaim akan memberikan kemudahan bagi pemerintah kota untuk mengembangkan dan mengintegrasikan berbagai aplikasi layanan kota dengan konsep open platform dan open data model. Selain itu dengan adanya open community ini nantinya pemerintah kota dapat mendorong partisipasi aktif para pengembang lokal atau putra daerah untuk membangun aplikasi kota dan mengintegrasikannya ke dalam City Care dari Indosat Ooredoo dan Lintasarta.

Disampaikan Direktur dan Chief Wholesale & Enterprise Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono, Indosat Ooredoo dan Lintasarta melihat bahwa kebutuhan solusi smart city tidak bisa hanya dipenuhi oleh satu pengembang saja, oleh karena itu Indosat Ooredoo dan Lintasarta menhadirkan sebuah platform yang bersifat open yang dapat diaplikasikan dan dikembangkan secara bersama-sama dengan pengembang solusi yang lain. Herfini juga berharap dengan adanya open platform ini mampu membantu percepatan implementasi dan pengembangan solusi smart city yang berkesinambungan dapat terjadi.

Hal yang kurang lebih sama juga disampaikan oleh President Direktur Lintasarta Arya Damar. Arya memastikan nantinya aplikasi-aplikasi di dalam sistem dapat direplikasi dan dibagikan kepada pemerintah daerah lainnya sehingga tidak perlu membuat aplikasi baru untuk setiap daerah.

“Hal ini akan mendukung percepatan implementasi smart city di berbagai daerah di seluruh Indonesia, sehingga dari berbagai smart city akan menjadi smart nation,” ujarnya.

Sejauh ini Lintasarta juga memiliki sejumlah solusi lain yang mendukung penerapan smart city, di antaranya adalah Intelligence Command Center (ICC) dan Intelligence Video Analytics (IVA). ICC merupakan ruang kendali terpadu yang menampilkan informasi dari berbagai aplikasi di internal SKPD. serta masukan langsung dari masyarakat (melalui sosial media, call center, dan aplikasi tanggap darurat).

Sementara untuk  solusi Intelligence Video Analytics (IVA) memaksimalkan infrastruktur IT daerah seperti CCTV untuk fungsi pengawasan serta penegakan hukum di lingkungan masyarakat melalui komponen intelligence computing. Solusi-solusi di atas dapat mendukung pemimpin daerah cepat dalam mengambil sebuah keputusan dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

“Komitmen Indosat Ooredoo dan Lintasarta adalah untuk menjadi yang terdepan dalam memberikan solusi ICT bagi masyarakat Indonesia dalam mendapatkan kualitas kehidupan yang lebih baik. Dengan implementasi Smart City yang kami tawarkan dapat mendukung terciptanya kota pintar yang memberikan layanan publik yang lebih cepat, transparan, berintegrasi, dan mendukung gaya hidup yang ‘Go Digital’,” tutup Herfini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again