Categories

Berita

Indosat Umumkan Lima Startup yang Berhak Ikuti Program Akselerator Ideabox Batch Ketiga

Program akselerator berlangsung selama empat bulan, Ideabox menjanjikan modal awal hingga $50,000, Indosat tak akan kontrak eksklusif

Adjie Priambada - 19 October 2015

Lima startup yang terpilih dalam Ideabox batch 3 / DailySocial

Hari Minggu kemarin (18/10) adalah hari terakhir rangkaian acara bootcampIdeaboxbatch ketiga yang berlangsung selama dua hari. Rangkaian acara tersebut diakhiri dengan diumumkannya lima startup yang berhasil lolos seleksi dan berhak mendapatkan kesempatan mengikuti program akselerator Ideabox selama empat bulan.

Lima Stratup yang terpilih

Sekitar dua bulan yang lalu, Indosat membuka pendaftaran batch ketiga untuk mengikuti program Ideabox. Hasilnya, setelah melakukan roadshow di delapan kota berbeda, ada 300 startup yang diklaim Indosat telah mendaftar untuk berpartisipasi dalam program Ideabox.

Akselerator yang dimotori oleh Indosat tersebut menyaring kembali para startup yang ingin berpartisipasi. Hal ini berujung pada terpilihnya dua puluh lima finalis, yang diumumkan seminggu lalu, untuk mengikuti fase bootcamp selama dua hari (17-18 Oktober) di Wisma Barito Pasifik, Jakarta.

Setelah seleksi tahap pertama di hari terakhir, ada delapan startup terpilih untuk pitching di hadapan dewan juri. Mereka adalah SociaBuzz, Lakuin, Offair, Obralindo, Dheket, Karental, Pidioo, dan Ripple Indonesia. Dari delapan besar tersebut, dewan juri kembali melakukan seleksi ketat untuk memilih lima startup saja.

Dewan juri terdiri dari Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli, Chief Digital Service Officer Indosat Prashant Gokarn, Managing Partner Mountain Kejora Ventures Andy Zain dan Sebastian Togelang, Chief Strategic Planning Officer Indosat Thomas Chevanne, dan Group Head of Strategic Investment and Implementation Indosat Usman Khan Lodhi.

Berikut adalah lima startup yang berhasil mendapat kesempatan mengikuti progam akselarator Indosat Ideabox:

  1. Sociabuzz: platform yang juga telah mendapatkan pendanaan dari angel investor ini coba memfasilitasi para pemilik merek untuk mencapai target mereka melalui marketing influencer.
  2. Lakuin: platform yang memungkinkan konsumen bertransaksi online di warung atau UKM terdekat [referensi: model bisnis serupa Kudo]
  3. Ripple Indonesia: sistem layanan online payment gateway yang terintegrasi di multi platform.
  4. Dheket, platform direktori bisnis yang dilengkapi dengan data lokasi yang berada dekat dengan pengguna.
  5. Karental, platform penyewaan mobil online dan manajemen armada.

Akselerator Ideabox dan penawaran yang diberikan

Juri Ideabox dan peserta yang berdiskusi / DailySocial

Program akselerasi Ideabox sendiri menjanjikan untuk memberikan modal awal sampai dengan $50.000 dan empat bulan program dengan fasilitas berupa bimbingan, kurikulum terstruktur, dan akses ke salah satu jaringan advisor lokal maupun internasional di Indonesia. Startup juga akan mendapatkan dukungan komersial dari Indosat setelah lulus nanti untuk membantu mereka berkembang dengan cepat.

Alexander (Alex) Rusli mengatakan, “Melalui Ideabox dan dana ventura Indosat-Softbank, kami ingin mendorong semangat para startups untuk meningkatkan inovasi dan kewirausahaan mereka. Harapan ke depan, Indonesia tidak hanya menjadi pengguna aplikasi  tetapi juga pembuat aplikasi yang digunakan secara mendunia.”

Alex juga menuturkan bahwa nantinya startup yang lulus tak akan dikontrak secara eksklusif oleh Indosat. Hal ini bertujuan untuk memberikan ruang lebih luas agar startup yang bersangkutan dapat tumbuh lebih maksimal.

Ideabox adalah salah satu program akselerator Indonesia yang merupakan kerja sama antara Indosat dan Mountain Kejora Ventures. Sejauh ini Ideabox telah membuka program akselerator mereka sebanyak tiga kali. Yang menarik di batch ketiga kali ini ada dukungan dari Facebook.

Dengan kemitraan tersebut, para peserta yang terpilih dan sudah masuk tahap akselerasi berhak mendapatkan akses ke berbagai tools yang disediakan FbStart. Pada praktiknya, para alumnus dari batch pertama dan kedua pun berhak menggunakan tools yang sama. Prashant Gokarn juga meyakini bahwa kemitraan global dapat menjadi nilai tambah yang bisa membuka potensi startup.

“Mitra global kami […] akan membawa startup Ideabox ke level selanjutnya dengan memberikan nilai tambah melalui bimbingan tatap muka dan juga akses ke spesial aplikasi dan layanan. Melalui akses langsung ke perusahaan global seperti Facebook, Microsoft Bizspark Plus, IBM Soft Layer, dan Growth Hacking Asia akan membuka kunci bagi startup Ideabox untuk berkesempatan mendapatkan global best practice di segala aspek, mulai [dari] strategi pengembangan produk sampai ke manajemen merek dan marketing,” tandas Prashant.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter