Categories

Berita

Kemenkominfo Dipimpin Rudiantara, Pemain Industri Teknologi Berikan Sentimen Positif

Rama Mamuaya - 27 October 2014

Kalau ada pertanyaan "internet cepat buat apa?", mungkin Rudiantara adalah salah satu orang yang paling tepat untuk menjawabnya. Malang melintang di industri telekomunikasi puluhan tahun, Rudiantara yang saat ini aktif menduduki kursi direksi komisaris Indosat akhirnya didapuk untuk mengisi kursi Menkominfo yang hari Minggu kemarin diumumkan oleh Presiden Joko Widodo.

Meskipun sempat beredar kabar bahwa posisi Menkominfo akan diisi oleh Maruarar Sirait yang merupakan politisi PDI-P, ternyata detik-detik terakhir justru nama Rudiantara yang disebut oleh Presiden Jokowi sebagai pimpinan Kemenkominfo.

Nada positif pun banyak terdengar dari pelaku industri teknologi yang memang mengenal rekam jejak Rudiantara sebagai professional di bidang telekomunikasi. Kebanyakan dari mereka optimis karena latar belakang profesionalisme Rudiantara yang memang dinilai layak menduduki posisi Menkominfo yang mengemban banyak sekali tugas. Kebanyakan pemain industri menyebut Rudiantara sebagai orang yang tegas dalam mengambil keputusan, mengerti seluk beluk bisnis telekomunikasi dan juga pemimpin yang mau bekerja.

Setelah 4 tahun berada di tangan politisi Tifatul Sembiring, akhirnya Kemenkominfo diisi oleh seseorang yang pernah mencicipi posisi eksekutif di raksasa-raksasa telekomunikasi mulai dari XL Axiata, Telkom, Indosat dan Telkomsel. Pengalaman Rudiantara yang hampir 18 tahun di industri teknologi dan telekomunikasi membuat banyak pihak optimis bahwa dirinya bisa terus meningkatkan potensi industri teknologi terutama dari sisi infrastruktur yang kurang merata di Indonesia.

Pengalamannya mengelola bisnis telekomunikasi juga dinilai akan menjadi nilai tambah untuk membantu perusahaan-perusahaan telekomunikasi dan bisnis teknologi lainnya yang kian carut-marut dalam hal bisnis dikarenakan persaingan dan juga regulasi dari pemerintah yang kurang mendukung. Rudiantara menduduki kursi tertinggi di Kemenkominfo dengan mewarisi banyak sekali masalah yang ditinggalkan pendahulunya, mulai dari infrastruktur yang tidak merata, regulasi investasi, pengembangan industri kreatif berbasis TIK yang harus diurus dan setumpuk masalah lainnya.

Semua masalah ini ada di pundak Rudiantara dan segenap tim Kemenkominfo, yang kami harap juga memiliki kompetensi dan keahlian yang dibutuhkan untuk membawa industri teknologi Indonesia ke tingkat selanjutnya. Budaya internet di Indonesia memang merupakan fenomena yang luar biasa, bahkan sudah bergeser menjadi sebuah ekonomi tersendiri. Alangkah sayang jika keuntungan strategis ini tidak dimanfaatkan dengan maksimal atau lebih buruk lagi: justru dinikmati oleh bangsa lain.

Selamat bekerja Menkominfo baru, Pak Rudiantara. Harapan kami besar untukmu.

Sumber gambar

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter