1. Lifestyle

Industri PR di Asia Pasifik Tumbuh Paling Pesat

Menurut World PR Report, Industri PR atau Public Relation di Asia Pasifik jadi penyumbang terbesar dalam pertumbuhan industri PR dunia.

Laporan ini dilansir oleh The Holmes Report dan the International Communications Consultancy Organisation. Angka pertumbuhan yang diberikan Asia Pasifik adalah 13.6 persen. Industri PR - humas - di dunia juga menunjukkan pertumbuhan, dengan angka sebesar 8 persen di tahun 2012, naik sedikit dari tahun, 2011 7.9 persen, meski lebih rendah dari tahun 2010 (8.1 persen).

Sebagai perbandingan, agensi di Amerika Serikat menyumbang pertumbuhan sebesar 11.8%, sedangkan Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika menyentuh angka 10.4%. Inggris di 9.8%, Eropa Barat 8.25 dan Eropa Timur 3.2%. Asia Pasifik menjadi ‘raja’ dengan pertumbuhan industri humas paling tinggi.

Dalam rilis pers yang diterima Trenologi, selain angka pertumbuhan atas industri humas di berbagai kawasan, disebutkan pula bahwa satu-satunya agensi Asia Pasifik yang masuk dalam daftar top ten adalah Fortune PR.

Disebutkan pula bahwa Fortune PR menjadi satu-satunya agensi PR dari Indonesia yang masih dalam daftar ‘elite’ tersebut. Fortune memiliki pertumbuhan 199%, menjadi pencetak pertumbuhan tertinggi kedua di dunia. Saingannya adalah agensi dari Inggris, Amerika Serikat dan Spanyol. Pencapaian ini selasar dengan pengembangan sayap yang dilaksanakan Fortune, dimana mereka aka membuka kantor luar negeri di Singapura.

The Holmes Report secara rutin mengeluarkan Agency Report Card untuk menilai secara independen atas performa perusahaan konsultan PR di seluruh dunia.

Sumber gambar header: MichaelJayBerlin/Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again