30 December 2013

by Yoga Wisesa

Infografis Statistik Penggunaan Instagram di Tahun 2013

Dirilis untuk publik lebih dari tiga tahun dan diakuisisi Facebook bulan April 2012, Instagram telah mengumpulkan lebih dari 150 juta pengguna aktif dalam satu bulan. Apakah Anda tidak penasaran sebanyak apa data-data yang diakses oleh para user di jejaring sosial khusus photo dan video-sharing ini?

Untuk merayakan berakhirnya 2013, belum lama lalu Facebook mengeluarkan sebuah infografis statistik penggunaan Instagram di tahun ini. Ada tujuh fakta menarik yang mereka informasikan, tapi sebelumnya silakan nikmati infografis ini di bawah.

Yang pertama, selain fakta bahwa terdapat lebih dari 150 juta pengguna aktif, terdapat 16 miliar foto yang di-share di situs sosial media ini. Butuh berbulan-bulan untuk melihat seluruh foto-foto tersebut secara manual. Jumlah ini terus bertambah karena menurut Facebook, terdapat 55 juta foto yang diunggah ke Instagram tiap harinya.

Terhitung lebih dari 1.000 komentar yang dilontarkan para pengguna Instagram dari seluruh dunia setiap detik. Bukan itu saja, dalam satu hari user dari seluruh dunia menekan tombol 'like' berbentuk hati sebanyak 1,2 miliar kali.

 

Info menarik: Inilah Daftar Tweet yang Mendapatkan RT Paling Banyak Tahun 2013

 

Bagaimana dengan video sendiri? Di Instagram, para pengguna mengunggah video selama 40 jam dalam satu menit dalam 24 jam pertama setelah ia diluncurkan. Untuk kuantitasnya, terhitung sebanyak lima juta video di-upload dalam jangka waktu yang sama.

Satu hal yang menjadi sebuah rahasia umum adalah walaupun banyak sekali selebriti yang menggunakan Instagram untuk berbagi foto dan video ke para fans, tidak sedikit dari mereka yang menutup akun karena 'kasus' perubahan ketentuan dan persyaratan.

Begitu populernya layanan jejaring sosial ini di Android dan iOS, dua bulan lalu dalam Nokia World di Abu Dhabi, sang co-founder Instagram mengkonfirmasi bahwa mereka juga akan merilisnya di Windows Phone. Dan akhirnya tanggal 21 November kemarin, Instagram Beta dirilis untuk WP - walaupun aplikasi ini masih dalam pengembangan intensif karena beberapa fitur esensial tampaknya belum hadir di sana.

Dan untuk mengejar kepopularitasan fitur mengirim video dan foto yang dimiliki kompetitornya - seperti satu contohnya Snapchat, akhirnya Instagram mengumumkan Instagram Direct sebagai media Anda berbagai foto-foto 'pribadi' untuk individu-individu terdekat.

Gambar header: Dmconfidential.com.