22 March 2013

by wiku

Infografis Tentang 'Perilaku Lapar' Pengguna Twitter Indonesia

Sebuah infografis dari NoLimit menghadirkan data atas pengguna Twitter yang berkaitan dengan makanan. NoLimit melakukan riset mengenai perilaku lapar masyarakat Indonesia lewat Twitter.

Dari infografis ini didapatkan informasi bahwa jumlah tweet yang berkaitan dengan lapar dan keinginan makan rata-rata adalah 25.600 tweet/hari, dengan Senin dan Jumat adalah hari dimana pengguna Twitter kita paling banyak berkicau tentang keinginan mereka untuk makan. Kapan tweeps Indonesia paling sering kelaparan? Jawaban dari riset ini adalah mulai malam hingga tengah malam.

Informasi yang disebutkan dalam blog mereka, dua layanan fast food yang paling diingat oleh pengguna Twitter Indonesia ketika mereka lapar adalah KFC dan McD (McDonalds).

Sepintas informasi ini mungkin terasa tidak penting, tetapi jika meneliti lebih dalam data tentang kapan pengguna Twitter lokal merasa lapar bisa dimanfaatkan bagi penyedia layanan makanan untuk melakukan kampanye atau bahkan menyediakan layanan pesan antar. Dari infografis juga bisa dilihat berbagai jenis makanan yang banyak di-tweet, ini tentunya bisa menjadi salah satu masukan bagi para pemilik usaha makanan.

Kata kunci yang ditampilkan juga bisa memberikan gambaran atas kata-kata apa yang digunakan pengguna Twitter kita dalam merefleksikan rasa laparnya. Sayangnya tidak ada tampilan hasil merek tertentu yang ditampilkan dari infografis ini, misalnya pizza apa yang paling diminati, dan untuk makanan tradisional, lokasi mana yang paling populer dll.

NoLimit melakukan monitor atas kata kunci selama bulan Februari 2013 menggunakan NoLimit Engine.

Lebih lengkap, berikut infografis Indonesia Hunger Facts dari NoLimit.