20 January 2016

by Yoga Wisesa

Ini Dia Kartu Grafis Terfavorit Para Gamer di Steam

GeForce GTX 970 berhasil menyingkirkan GPU integrated Intel HD Graphics 4000 yang sebelumnya menempati posisi teratas.

Jika prosesor diibaratkan sebagai otaknya, maka kartu grafis ialah jantung penopang kapabilitas olah visual dalam sebuah gaming PC. Tidak sedikit orang menggunakan GPU untuk menjadi takaran sebelum mereka menentukan komponen krusial lain - misalnya prosesor atau motherboard. Penasarankah Anda, kartu grafis apa yang paling disukai para gamer?

Mencari jawaban dari pertanyaan tersebut tidaklah sulit. Valve sudah melengkapi platform distribusi digital populer mereka dengan tool hardware survey, dan di sana Anda dapat melihat daftar lengkap model GPU favorit gamer. Berdasarkan data survei yang dikumpulkan hingga bulan Desember 2015, Nvidia GeForce GTX 970 menempati urutan teratas, sukses menyingkirkan Intel HD Graphics 4000.

Dari list, kita juga bisa menyaksikan sebuah transisi. Adopsi GPU Nvidia berarsitektur Maxwell teranyar memperoleh angka peningkatan tertinggi dibanding varian lain. GTX 970 memang berada di posisi podium, namun GeForce GTX 960 terpantau memiliki kenaikan tertinggi dengan 0,39 persen. GTX 960 cuma berbeda dua persen dari GTX 750 Ti. Dan dari daftar 20 GPU pilihan gamer Steam, hanya ada lima tipe AMD Radeon.

Tren lain yang bisa kita lihat adalah menurunnya penggunaan kartu grafis integrated. Di empat bulan sebelumnya, Intel HD Graphics selalu berada di peringkat pertama, di atas lima persen. Baru pada bulan Desember silam ia turun ke 4,82 persen, memberikan kesempatan bagi GTX 970 buat menyusul. Intel HD Graphics 4400 turut mengalami penurunan, sedangkan HD Graphics 2500 tidak berubah.

Sebagai perwakilan dari varian top-end, hanya Nvidia GeForce GTX 980 yang masuk dalam list (di urutan ke-26) - terpantau ada penurunan 0,02 persen. AMD Radeon R9 200 Series sendiri berhasil masuk di 20 besar.

Sedikit membahas GeForce GTX 970, Nvidia menyampaikan bahwa ia didesain untuk 'kegiatan gaming serius', sudah masuk ke kategori GPU kelas antusias. Namun mungkin Anda ingat, di peluncurannya, GTX 970 dilanda kontroversi. Nvidia memasarkannya dengan klaim memori sebesar 4GB, tapi user tampak kesulitan mengakses batasan 3,5GB.

Selepas investigasi lebih lanjut, Nvidia mengungkap mereka ternyata mengubah spesifikasi sebelum GPU tersedia secara komersial. Tapi sepertinya GeForce GTX 970 cukup populer. Ia bahkan menjadi kartu grafis 'resmi' pendukung headset virtual reality Oculus Rift.

Secara keseluruhan, Nvidia mendominasi hasil survei dengan 54,61 persen, diikuti AMD di posisi runner-up di 26,33 persen, lalu Intel berada di urutan ketiga dengan 18,66 persen.

Via Tech Times.