1. Startup

Ini Dia Para Pemenang Facebook Indonesia Developer Challenge 2016

Tim SSS berhasil menyabet posisi pertama, diikuti tim Monolog dan Hamsterman. Tim iwal menjadi pemenang untuk kategori Hack for Her

Ajang kompetisi Facebook Indonesia Developer Challenge 2016 (FBHacks 2016) yang merupakan hasil kerja sama antara Facebook dan DailySocial telah berakhir pada hari Minggu kemarin (4/9). Kompetisi yang digelar selama dua hari ini telah menemukan tiga pemenang utama, mereka adalah tim SSS, SmartFAQ, dan Hamsterman. Sedangkan tim iwal dengan ide Code for Girl menjadi pemenang untuk kategori Hack for Her.

Kompetisi yang berlangsung selama dua hari (4-5 September 2016) di Hotel Harris, Jakarta adalah acara puncak dari rangkaian acara Facebook Indonesia Developer Challenge 2016. Sebelumnya, Facebook juga telah menggelar rangkaian Developer Meetup di Yogyakarta, Surabaya, Jakarta, dan Bandung, untuk memberikan insight seputar tools pengembangan platform Facebook yang bisa diintegrasikan dalam ide yang didaftarkan untuk mengikuti kompetisi kepada para developer lokal.

[Baca juga: Ini Daftar Ide Terpilih yang Berhak Mengikuti Facebook Indonesia Developer Challenge 2016]

Setidaknya, ada total 123 ide terdaftar yang masuk untuk mengikuti kompetisi FBHacks 2016 ini. Setelah dilakukan penyaringan, hanya ada 28 ide terpilih yang diikutsertakan untuk mengikuti kompetisi selama dua hari di Hotel Harris.

Ke-28 tim yang mengikuti kompetisi tersebut kemudian disaring kembali di tahap penjurian pertama oleh dewan juri. Hasilnya, terpilihlah delapan finalis yang berhak untuk maju dan mempresentasikan ide mereka di hadapan dewan juri. Mereka adalah tim SSS, Monolog, Estella, Casablanca, BotFather, Winaafi, iwal, dan Hamsterman.

Anggota dewan juri untuk event ini adalah Batista Harahap (Coral), Leontinus Alpha Edison (Tokopedia), Amudi Sebastian (Facebook), Aulia Amalia (Wego), dan Andrias Ekoyuono (Ideosource).

[Baca juga: Tingginya Antusiasme Peserta “Facebook Indonesia Developer Challenge 2016” Hari Pertama]

Dari delapan tim tersebut, dewan juri kemudian mengumumkan tiga pemenang kompetisi FBHacks 2016 dan satu tim yang berhasil menyabet pemenang untuk kategori Hack for Her. Berikut adalah daftar singkatnya:

  • Juara pertama ditempati oleh tim SSS dengan ide Linda dan  berhak atas hadiah sebesar Rp 25 juta + FBStart Package. Linda memungkinkan para wanita untuk mendapatkan informasi yang lebih baik dan informasi dalam aplikasi Linda akan disesuaikan dengan pengguna mereka, baik itu artikel berita, beasiswa, ataupun informasi seperti pelatihan-pelatihan yang ada di dekat lokasi penggunanya.
  • Juara kedua ditempati oleh tim Monolog dengan ide SmartFAQ dan berhak atas hadiah sebesar Rp 15 juta + FBStart Package. Smart FAQ adalah solusi yang memanfaatkan messenger bot Facebook untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mendasar dari pengguna layanan yang sering diajukan.
  • Juara ketiga ditempati oleh Hamsterman dengan ide Hamsterman dan berhak atas hadiah sebesar Rp 10 juta + FBStart Package. Hamsterman sendiri pada dasarnya adalah aplikasi yang memanfaatkan messenger bot FB dan memungkinkan setiap orang untuk membuat dan menerbitkan visual novel hanya dengan sebuah akun Facebook.
  • Juara untuk kategori Hack for Her direbut oleh tim iwal dengan ide Code for Girl dan berhak atas hadiah sebesar Rp 15 juta + FBStart Package. Code for Girl pada dasarnya adalah aplikasi yang ditujukan untuk perempuan agar lebih memahami tentang computational thinking and programming yang memanfaatkan messenger bot Facebook.

Sonny Lazuardi Hermawan dari tim SSS mengatakan, "Linda ini dapat memberikan rekomendasi [artikel] sesuai dengan profile dan ketertarikan pengguna. Jadi, wanita satu akan mendapatkan informasi yang berbeda dari informasi yang saya dapatkan. [...] Dan dari awal kami sudah sepakat, kami akan open source-kan Linda karena kami pikir ini pasti akan sangat dibutuhkan. Bukan hanya untuk wanita-wanita di desa tetapi juga buat kita yang saat ini sudah sangat banyak dihujani oleh informasi."

Dalam sambutannya di hari pertama kompetisi Facebook Indonesia Developer Challenge 2016, Head of Product Partnership Facebook Alice Wei menyampaikan bahwa Facebook memiliki komitmen yang tinggi untuk keberlanjutan kompetisi ini di tahun-tahun berikutnya. Dia juga berharap setelah kompetisi ini berakhir akan ada banyak masukan yang bisa didapat oleh Facebook dan kompetisi bisa memberi dampak yang lebih jauh untuk kegiatan masyarakat Indonesia.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again