Categories

Gadget

Spesifikasi OPPO A95 Untuk Kamera, RAM dan Baterai Bisa Bantu UMKM

Salah satu pelaku UMKM yang sudah mencoba fitur yang ada di OPPO A95 adalah Gentanala

Wiku Baskoro - 9 November 2021

Perangkat misterius yang pernah diperlihatkan pada awak media termasuk tim DS/Gadget memang sudah resmi diumumkan. Adalah OPPO A94 nama dari perangkat tersebut. Namun demikian, perangkat ini belum dirilis resmi dan spesifikasi lengkap juga belum diungkap. Tapi beberapa spesifikasi penting dari perangkat sudah bisa kita bahas. 

Dalam rangkaian acara tentang performa perangkat (11/8/2021), kali ini tim DS/Gadget diberikan informasi terkait performa kamera dari perangkat terbaru OPPO ini. Tidak hanya perwakilan dari OPPO, dalam acara ini juga dihadirkan narasumber pelaku UMKM yang memberikan pengalaman mereka atas perangkat, terutama dari sisi penggunaan kamera. 

Spesifikasi

Kita bahas spesifikasi dahulu. OPPO A95 sudah dipastikan akan hadir dalam beberapa balutan warna dengan finishing mirip dengan Reno Glow. Mirip karena memang berbeda tetapi efek yang dihasilkan memberikan pengalaman yang serupa. Spesifikasi dari RAM akan hadir adalah 8 GB yang dilengkapi fitur RAM Expansion. Memungkinkan sebagian penyimpanan internal untuk dijadikan tambahan memori sebesar 2GB, 3GB, atau 5GB. Sesuai kebutuhan pengguna. 

Lalu untuk baterai sendiri, hadir dengan 5000 mAh yang disokong oleh pengisian daya cepat 33Watt. Untuk tampilan layar depan akan hadir layar AMOLED dan sertifikasi IPX4. 

Kamera

Yang paling utama, juga menjadi highlight untuk acara kali ini adalah tentang kamera. Secara lengkap, spesifikasi kamera yang ada di perangkat ini adalah kamera utama 48MP, kamera depth 2MP dan kamera macro 2MP. Itu untuk kamera belakang, sedangkan kamera depan hadir 16MP. 

Beberapa kelebihan yang dibawa kamera yang ada di OPPO A95 antara lain adalah algoritma pemrosesan gambar yang bisa menangkap gambar kualitas tinggi dengan mudah dan cepat terutama untuk portrait. 

Lalu akan tersedia multiple filters yang membawa 15 preset filter pilihan, lalu ada pula AI Scene Enhancement untuk optimalisasi warna/saturasi/kecerahan pada foto. Selanjutnya ada pula Night Mode yang membantu proses foto pada cahaya temaram atau kondisi cahaya rendah. 

Untuk kamera depan  juga mendapatkan fitur yang cocok untuk pasar kelas menengah, yaitu AI Beautification untuk efek kecantikan kulit yang lebih tepat dan lebih beragam berdasarkan lingkungan sekitar. 

Lalu ada Intelligent Skin Tone untuk menambahkan efek menghaluskan dan mencerahkan kulit, serta Front Night Mode untuk menangkap wajah subjek tetap jernih dan jelas meski berada di lingkungan yang gelap.

Dukungan untuk UMKM

Salah satu hal menarik dari OPPO A95 adalah secara tidak langsung,  perangkat ini bisa mendukung para pelaku UMKM. Dengan segmentasi yang dipilih, yaitu seri A, maka sudah bisa diprediksi harga yang akan ditawarkan akan cukup kompetitif untuk pasar menengah. Sedangkan dari sisi spesifikasi, terutama kamera, baterai dan dukungan fitur lain memberikan sebuah perangkat yang cukup bertenaga untuk bisa dipakai sebagai sarana produktivitas. 

Salah satu yang telah mencoba perangkat ini adalah Gentanala, sebuah produsen jam tangan handmade. Founder dari UMKM lokal ini, Reza, mengatakan bahwa setelah mengenal perangkat OPPO A95, ia menggunakannya untuk keperluan foto dari perangkat yang nantinya akan dibagikan di media sosial.

Alasan dari penggunaan OPPO A95 bisa mendukung kegiatan bisnis Gentala adalah kemampuan perangkat yang bisa menangkan detail dari produk-produk Gentala, yang menjadi salah satu unggulan yang ingin diperlihatkan ke publik.

Salah satu fitur fotografi yang Reza sukai untuk dipakai adalah fitur 48 MP dari kamera utama serta fitur makro yang juga bisa diunggulkan.

Aryo Meidianto, PR Manager for Reno 4G & A Series mengatakan bahwa OPPO A95 ini adalah perangkat yang cukup all around. Jadi berbagai fiturnya dan spesifikasi yang dibawa perangkat bisa digunakan untuk para pelaku UMKM atau pelaku bisnis kecil.

Acara kali ini memang hanya memfokuskan bahasan pada sisi desain dan fitur kamera, selanjutnya kita akan mengungkap keunggulan lain seperti kemampuan video dan juga performa dari sisi prosesor. OPPO A95 direncanakan akan hadir pertengahan November, belum ada informasi tanggal pasti dan harga sampai tulisan ini dipublikasikan.

Note: Ada perubahan judul dan subjudul setelah artikel pertama terbit untuk melengkapi informasi di artikel. 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter