1. Startup

Inikah Payment Gateway Impian yang Anda Tunggu?

Bagi banyak penjual, pedagang, para penikmat wisata belanja online, dan para online store lokal yang memang sangat tergantung pada proses transaksi online, proses pembayaran adalah yang paling krusial dan bisa jadi paling rumit. Keistimewaan jual beli dengan sistem COD adalah prisip perdagangan klasik, dimana uang diserahkan dan barang diterima. Tapi penjualan dunia maya juga tidak bisa seratus persen mengandalkan sistem klasik ini, karena kemudahan pembayaran serta transaksi yang bisa dilakukan mobile adalah faktor utama yang menjadi salah satu core value dari bisnis internet.Kemudahan transaksi adalah kunci keberhasilan toko-toko online, saat ini pembayaran e-commerce, terutama untuk skala kecil, bisa jadi masih didominasi oleh pola pembayaran transfer antar bank. Sedangkan untuk pembayaran melalui payment gateway, masih banyak salah persepsi di kalangan pebisnis online, seperti juga yang dikatakan oleh bapak Dody J Wijaya, Marketing Manager dari NSIAPay, biasanya masih banyak yang belum mengerti tentang payment gateway.

Lalu apa itu NSIApay, dan apa perannya dalam pelayanan payment gateway?

NSIApay yang merupakan singkatan dari PT.Nusa Satu Inti Artha adalah sebuah perusahaan yang menyediakan sistem Internet Payment Gateway ( Payment Method). Sebagai local payment gateway, NSIApay bisa menjadi salah satu pilihan partner dalam proses transaksi lokal pembayaran online. Tapi sebelum memutuskan itu mari kita lihat jasa apa saja yang disediakan oleh perusahaan yang mengklaim sebagai satu-satunya pure local payment gateway di Indonesia ini.

Metode pembayaran yang disediakan oleh NSIApay:

  1. Internet Payment Gateway ( Pembayaran via website merchant)
  2. Mobile Payment ( Mobile EDC yang menggunakan Handphone sebagai media, untuk keperluan pembelian dengan COD )
  3. Recurring Billing ( Autodebet )

NSIApay hanya melayani transaksi lokal dan belum merencanakan ekspansi global. NSIApay juga baru terkoneksi dengan Bank BNI dan Citibank sebagai Acquiring Bank dan dengan Klik BCA, Telkomsel Cash (T-Cash) sebagai pilihan pembayaran pada media online. Tapi, dalam waktu dekat NSIApay juga akan terkoneksi dengan Bank Mandiri sebagai Acquaring Bank serta ATM Bersama.

Yang menarik bagi saya adalah metode saluran pembayaran mobile payment yang menjadikan handphone sebagai EDC. Jika biasanya anda menggesek kartu kredit pada swap machine sebagai langkah awal pembayaran dengan kartu kredit, kini anda hanya memerlukan handphone yang bisa mendownload aplikasi java dan bisa GPRS. Sistem ini mirip COD tapi tanpa uang cash. Ini adalah salah satu proses transaksi yang memang akan menjadi salah satu core value mobile business atau business 2.0, dimana bukan hanya transaksi yang dilakukan secara online tapi pembayaran pun bisa dilakukan dengan mobile device. Dan tentu saja, hal menarik lain adalah sebuah alternatif partner usaha local payment gateway yang dibutuhkan untuk memperlancar perkembangan e-commerce, karena bisnis online mulai berkembang dan konsumen lokal yang sering kali apatis terhadap e-commerce kini mulai mempercayai dan menjadi pelaku aktif e-commerce.

Memang, untuk menggunakan fasilitas NSIApay anda tentu harus punya Credit Card (Visa/Master Card), dan anda tau kan bagaimana prosedur untuk membuat kartu kredit di negara ini. Gmpang-gampang susah. :)

NSIApay tidak hanya melayani para pelaku e-commerce besar, masih menurut bapak Dody J Wijaya, NSIApay justru sangat welcome dengan para pelaku e-commerce skala kecil. Beberapa klien mereka yang juga telah akrab ditelinga pelaku e-commerce seperti bhineka.com menjadikan NSIApay sebagai salah satu partner saluran pembayaran mereka.

Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2007 ini juga hanya mengenakan biaya flat rate sebesar 5000 rupiah, hmmm...cukup menarik, apalagi untuk e-comerce dengan transaksi yang bervariasi, jadi misalnya ada pembelian seharga 10 jt, biaya jasa NSIApay tetap 5000, begitu pun untuk transaksi sebesar 100.000 rupiah.

Tentang keamanan, NSIApay menyatakan diri mereka sebagai perusahaan berstandar Internasional perbankan sehingga terjamin keamanan transkasinya.

Jadi dengan segala kelebihan dan kekurangan NSIApay, inikah payment gateway impian yang anda tunggu ?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again