Setelah dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 23-24 April 2016 di Segarra Ancol, Finhacks (Financial Hackathon) 2016 #HackByTheBeach telah menemukan tiga pemenang yang berhasil menyuguhkan inovasi terbaiknya. Fariz Tadjoedin berhasil memenangkan juara pertama mendapatkan hadiah uang tunai 59 juta + Oculus Rift, tim Ambisnis.com berhasil mendapatkan juara kedua mendapatkan hadiah uang tunai 35,9 juta + DJI Panthom 3, dan tim ATOM berhasil mendapatkan juara ketiga mendapatkan hadiah uang tunai 15,9 juta + GoPro Hero 4.

Sebagai pemenang pertama, Fariz menghadirkan sebuah inovasi unik. Ia memandang bahwa saat ini penggunaan aplikasi chatting sangat akrab di masyarakat, untuk itu ia menghadirkan sebuah solusi untuk membuat sistem yang memungkinkan masyarakat melakukan transaksi keuangan melalui aplikasi chatting tersebut. Konsepnya mirip dengan SMS Banking. Solusi tersebut diberi nama “ChatBanking”, memungkinkan pengguna Line, WeChat, KakaoTalk, SnapChat, Telegram, bahkan Facebook untuk berkirim uang atau transaksi lainnya.

Ke depan Fariz akan mengupayakan sistem ini terintegrasi dengan berbagai layanan. Misal dengan PLN, jadi akan memberikan reminder secara otomatis kepada pengguna melalui aplikasi chatting yang dipilih tagihan yang harus dibayarkan, dan saat itu pula pengguna dapat langsung dengan mudah membayar dengan mengetikkan kode tertentu di aplikasi.

Sedangkan pemenang kedua, yakni tim AMBISNIS, mengembangkan sebuah aplikasi bernama “GueBayar”. Aplikasi ini terinspirasi dari sebuah masalah yang sangat sering dijumpai oleh anak-anak muda, terutama mahasiswa dan pegawai kantoran. Masalah tersebut tidak lain adalah masalah pembayaran bill ketika melakukan pemesanan secara bersama-sama, misalnya saat ada acara makan bersama, minum kopi bareng dan sebagainya. Kadang kala koordinator (orang yang mengkoordinir pemesanan) menjadi tumbal karena harus mengumpulkan uang satu persatu dari pemesan, harus mencari kembalian, harus memeriksa apakah masih ada yang belum bayar, dan siksaan-siksaan lainnya yang tiada berakhir.

Dari sini tim AMBISNIS melakukan survei kecil-kecilan di lingkungan sekitar ITB (Institut Teknologi Bandung) dan mendapati 498 responden dari 516 responden setuju akan permasalahan ini. Finhacks 2016 menjadi momentum yang tepat bagi AMBISNIS untuk memecahkan isu ini dengan menghadirkan “GueBayar”. Cara kerjanya cukup sederhana. Untuk membagi tagihan, pertama pengguna masuk ke aplikasi dan memilih menu tambah tagihan. Selanjutnya pengguna mengambil foto struk yang akan dibagi-bagi tagihannya. Setelah itu, aplikasi akan mendeteksi setiap tagihan dan pengguna dapat men-tag tagihan tersebut ke rekannya (seperti proses tag foto di Facebook). Selanjutnya, notifikasi akan diberikan ke setiap pengguna yang di-tag untuk kemudian diproses lebih lanjut.

Sedangkan pemenang ketiga tim ATOM mengembangkan aplikasi bernama InstaPay. Tim ATOM memiliki visi untuk membuat hidup kita lebih baik dengan memberi kemudahan bagi siapa saja (individu maupun pelaku usaha) untuk mengirim atau membayar tagihan secara online, tanpa uang tunai, tanpa bon kertas, melalui aplikasi yang terintegrasi dengan e-wallet BCA.

Ketiga pemenang ditentukan oleh penilaian juri termasuk di dalamnya Andrew Darwis (Founder Kaskus), Axel Grosse (Axway API Lead), Edward Chamdani (Managing Partner Ideosource), Anton Seoharyo (CEO & Founder of TouchTen), Razi Thalib (CEO & Founder Setipe), Batista Harahap (CEO Coral), Rama Mamuaya (CEO & Founder DailySocial) dan Tommy Dian (CTO DailySocial).

Turut hadir dalam puncak acara (Finhacks) 2016 #HackbyTheBeach Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja. Dalam sambutannya saat acara Jahja menyampaikan:

“Pada hari, kita patut bersyukur dan berbangga karena rangkaian Finhacks 2016 telah sampai di puncaknya. Seluruh rangkaian acara berjalan lancar mulai dari diskusi dan pertemuan dengan komunitas IT hingga semifinal. Finhacks 2016 juga telah menemukan 3 aplikasi terbaik. Kami yakin para pemenang yang terpilih pada ajang kompetisi ini menghasilkan berbagai aplikasi terapan solusi keuangan yang akan memberikan sumbangsih pada kemajuan teknologi eWallet yang bermanfaat bagi nasabah. Inovasi para peserta ini akan semakin memudahkan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan transaksi secara nyaman dan aman.”

Rangkaian acara Finhacks 2016 sendiri mengajak seluruh inovator dan pengembang perangkat lunak lokal berkreasi mengembangkan solusi pembayaran digital. Menggunakan API Data yang dirilis BCA, diharapkan keluaran inovasi yang dikembangkan mampu memiliki daya guna tinggi di tengah era ekonomi digital dan pertumbuhan e-commerce di Indonesia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.