1. Startup

Inilah Cara Mendaftar Aplikasi Mobile ke S Apps Planet

Beberapa hari yang lalu saya sempat membahas tentang S Apps Planet yang dirilis oleh S Nexian. Toko aplikasi mobile ini bakal hadir secara pre-loaded untuk setiap smartphone Android baru S Nexian. Dengan iklan yang sudah beredar di mana-mana, baik di baliho besar pinggir jalan maupun di media cetak, setiap orang di industri ini pasti menganggap S Nexian sangat serius menggarap bisnis toko aplikasi ini.

Meskipun demikian, jika kita mencoba menavigasi ke berbagai menu di situs resmi S Nexian, tidak ada informasi sama sekali tentang bagaimana cara pengembang mendaftarkan aplikasi Android-nya ke S Apps Planet. Saya mencoba mengontak pihak S Nexian dan mendapat jawaban bahwa pihak Iguana Technology lah yang in charge untuk pendaftaran aplikasi. Akhirnya representatif dari Iguana Technology, Linda Regina, memberikan informasi bagaimana caranya agar pengembang bisa mendaftarkan aplikasinya.

Saat ini para pengembang yang ingin memasukkan aplikasinya bisa menghubungi Iguana Technology melalui email sappsplanet[at]iguanatechnology.com. Selain itu pertanyaan juga bisa diajukan melalui telepon ke 021-5680605 atau 021-5680502.

Linda juga menjelaskan bahwa skema bisnis yang diusung oleh S Apps Planet terdiri dari dua hal. Pertama adalah skema revenue sharing, di mana pendapatan dibagi berdasarkan persentase yang disetujui antara operator sebagai partner pembayaran, S Nexian, dan pengembang. Skema bisnis yang kedua adalah "beli putus", di mana S Nexian membeli secara penuh aplikasi mobile yang ditawarkan. S Apps Planet akan menggunakan operator billing (atau "potong pulsa") untuk proses transaksi pembelian aplikasinya dan telah bekerja sama dengan lima operator GSM.

Biasanya memang jika ada operator ataupun vendor yang ingin mengembangkan toko aplikasinya, pertama-tama akan digaungkan terlebih dahulu di forum atau komunitas pengembang supaya saat peluncuran sudah memiliki "barang jualan" yang jumlahnya signifikan. S Nexian nampaknya memberikan cara yang berbeda untuk meningkatkan prestise S Apps Planet-nya dengan promosi yang besar-besaran untuk publik. Selain aplikasi, berkas-berkas lagu/musik/audio juga bakal hadir di S Apps Planet.

Apakah strategi seperti ini bakal mendorong lebih banyak pengembang untuk memasukkan aplikasi Android buatannya di S Apps Planet milik S Nexian?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again