Inilah Daftar Smartphone Asus yang Siap Cicipi Android Marshmallow

Meski pihak Asus masih belum menjabarkan waktunya secara rinci, kapan upgrade tersebut akan mulai digulirkan

Sejak resmi diumumkan pada bulan Mei 2015 lalu keberadaan sistem operasi 'Android M' atau yang kini lebih dikenal dengan sebutan Android 6.0 Marshmallow memang belum hadir pada sejumlah smartphone, namun salah satu vendor elektronik asal Taiwan, Asus tengah bersiap untuk melakukan upgrade firmware ke Android Marshmallow untuk sejumlah produk mereka.

Kabar ini pertama kali tersiar melalui forum resmi mereka Asus ZenTalk pada tanggal 16 November kemarin  yang mengatakan bahwa Asus tengah mempersiapkan diri untuk melakukan upgrade firmware pada sejumlah produk  besutannya.

Beberapa seri smartphone besutan Asus yang direncanakan akan mendapatkan upgrade ke Android 6.0 Marshmallow adalah:

  • PadFoneS (PF500KL)
  • ZenFone2 (ZE550ML/ZE551ML)
  • ZenFone2 Deluxe / Special Edition (ZE551ML)
  • ZenFone2 Laser (ZE500KG/ZE500KL/ZE550KL/ZE600KL/ZE601KL)
  • ZenFone Selfie (ZD551KL)

Kendati demikian, belum ada kabar kapan upgrade ini akan mulai digulirkan, namun bagi para pemilik smartphone Asus dengan nomor model di atas dipastikan bahwa mereka akan mendapatkan pembaruan dengan segera.

Sayangnya, pada forum tersebut juga tidak disebutkan model atau type untuk jajaran smartphone Asus Zenphone 4, 5 dan 6 sehingga keberadaan informasi ini mungkin akan sedikit menimbulkan kekecewaan bagi pengguna smartphone seri tersebut.

Android 6.0 Marshmallow sendiri merupakan platform terkini besutan Google yang memiliki sejumlah fitur baru diantaranya adalah; Mode Doze yang memungkinkan bagi sebuah sistem untuk mengurangi konsumsi baterai saat perangkat berada dalam posisi standby. Fitur App Permission model baru yang memberikan opsi bagi pengguna untuk memberikan kewenangan bagi sebuah aplikasi untuk berjalan di latar belakang melalui pilihan 'Allow' atau 'Deny', yang selanjutnya akan bisa mengurangi beban penggunaan memory pada perangkat.

Selain itu, Android Marshmallow juga memiliki fitur Auto Backup untuk melakukan pengamanan data penggunaan secara otomatis bagi data pengguna ataupun data aplikasi yang digunakan.

Selain fitur-fitur di atas, platform Android terbaru besutan Google ini juga memiliki dukungan terhadap penggunaan sensor sidik jari dan USB Type C, tentu fitur ini hanya bisa berlaku bagi perangkat yang memang memiliki fitur tersebut.

Sumber: GSMArena, Zentalk | Gambar Header: Android.com

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again