1. DScovery

Inkubator Bisnis: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Keuntungan, Kerugian, dan Contoh Inkubator Bisnis di Indonesia

Apa itu inkubator bisnis? Sederhananya, inkubator bisnis merupakan program yang ditawarkan oleh berbagai institusi untuk mendukung dan mengembangkan perusahaan pemula.

Apa itu inkubator bisnis? Sederhananya, inkubator bisnis adalah layanan untuk memulai dan mengembangkan bisnis. Memulai sebuah startup tidaklah mudah, dibutuhkan pengetahuan dan sumber daya yang cukup. Disinilah peran inkubator bisnis, yaitu untuk mendukung pengusaha dalam mendirikan bisnis.

Berikut DailySocial.id telah merangkum berbagai informasi seputar inkubator bisnis yang relevan untuk kamu. Baca infonya lebih lanjut di bawah ini.

Pengertian Inkubator Bisnis

Menurut Entrepreneur Asia Pacific, inkubator bisnis adalah program atau organisasi yang menawarkan sponsorship dengan tujuan mempercepat pertumbuhan dan kesuksesan sebuah startup atau perusahaan.

Program ini membantu startup baru di tahap awal mereka dengan terhubung dengan angel investor, pemerintah, kelompok pengembangan bisnis dan investor lainnya sehingga perusahaan baru memiliki modal yang cukup untuk membangun bisnis mereka. Bahkan, inkubator sendiri bisa memberikan pinjaman modal kepada perusahaan.

Selain dukungan modal, program ini juga membantu startup dengan kesempatan kerja, pelatihan, pendampingan dan lainnya. Sederhananya, inkubator membantu menjalankan bisnis kecil dengan manajemen organisasi dan keuangan yang baik. Harapannya, perusahaan dapat beroperasi secara berkelanjutan dan berkembang lebih jauh serta menghasilkan keuntungan yang diinginkan.

Jika kamu tertarik bekerja dengan inkubator, kamu harus berkomitmen untuk berpartisipasi dalam semua program yang ditawarkan. Pertama, kamu harus mendaftar, menunggu informasi persetujuan, dan menghadiri pertemuan inkubator yang sedang berlangsung. Program awal biasanya berlangsung satu sampai dua tahun.

Fungsi dan Tujuan Inkubator Bisnis

Setelah mengetahui pentingnya inkubator, penting bagi kamu untuk memahami pengoperasian dan tujuan dari inkubator itu sendiri. Peran inkubator penting untuk pengembangan bisnis dan branding.

Fungsi dan tujuan inkubator bisnis adalah sebagai berikut:

  • Membina usaha pemula mengenai jaringan bisnis
  • Menyediakan ruang untuk bantuan modal
  • Mengenalkan manajemen investasi
  • Memberikan dukungan dalam bentuk mentoring
  • Sharing informasi penting seputar bisnis
  • Mengembangkan ide dan strategi bisnis
  • Memberikan informasi seputar kebijakan bisnis

Salah satu bentuk dukungan inkubator bagi usaha kreatif adalah dengan memberikan peluang pengembangan usaha mandiri. Ini ditujukan untuk perusahaan yang dapat berkontribusi dengan inovasi yang akan bermanfaat bagi masyarakat di masa depan.

Tujuan inkubator bisnis adalah sebagai berikut:

  • Memberikan peluang pertumbuhan bagi perusahaan bisnis kecil
  • Memperkenalkan pemilik perusahaan kepada investor online
  • Membuka lapangan pekerjaan
  • Memasarkan bisnis dari ide-ide kecil

Sistem Kerja Inkubator Bisnis

Inkubator bisnis juga memiliki sistem kerja, seperti laboratorium pelatihan, yang didedikasikan untuk pengusaha pemula dan ide bisnisnya. Ada beberapa langkah atau tahapan kerja yang harus dilalui oleh pengusaha di pusat startup ini. Tahapan sistem kerja tersebut antara lain sebagai berikut.

1. Pra-inkubasi

Fase pra-inkubasi ini merupakan titik tersulit bagi para pengusaha. Pasalnya, seorang pengusaha pemula harus memiliki rencana ide bisnis yang matang sebelum mendaftar di inkubator.

Proses pendaftaran ini juga memakan waktu cukup lama, karena proposal tidak hanya memuat hal-hal administratif seperti dokumen, tetapi juga penjelasan tentang start-up atau rencana bisnis dan informasi rinci tentang manajemen perusahaan. Ini juga diikuti dengan proses wawancara inkubator dan keputusan apakah pengusaha startup layak masuk inkubator atau tidak.

2. Inkubasi

Jika sudah melewati tahap pra-inkubasi dan sudah diterima di inkubator bisnis, pengusaha akan mendapatkan berbagai peluang pembiayaan bisnis yang baik untuk ide bisnisnya.

3. Pasca-Inkubasi

Wirausahawan harus memiliki kemampuan untuk berkembang lebih lanjut setelah masa inkubasi. Di pusat startup, pengalaman dan wawasan yang berbeda harus mengalir ke pengembangan startup dan startup.

Ini karena tidak semua inkubator menerima semua perusahaan yang terdaftar pada awalnya. Ketika seorang pengusaha pemula diterima dalam program inkubator, mereka menerima "investasi" dari lembaga yang mengelola inkubator tersebut. Umumnya lembaga atau perusahaan yang menawarkan kegiatan startup mengambil penyertaan modal pada perusahaan percontohan sebagai reward atas program startup tersebut. Dan, tentu saja, perusahaan dan startup juga terkait satu sama lain di industri yang berbeda.

Keuntungan dan Kerugian Program Inkubator Bisnis

Menggunakan inkubator terdengar cukup bagus. Namun tentunya mendaftarkan bisnis dengan program inkubator memiliki kelebihan dan kekurangan yang akan membantu KAMU memulai bisnis.

Keuntungan

Ada beberapa keuntungan menggunakan program inkubasi. Yang pertama adalah kamu mungkin akan mendapatkan pekerjaan pertama untuk digunakan saat menjalankan bisnis kamu. Ini benar-benar dapat membantu kamu menghemat biaya di muka. Selain itu, kamu juga tidak perlu repot mencari hal-hal penting yang dapat mendongkrak perkembangan bisnis kamu.

Inkubator bisnis akan membantu kamu menemukan semua yang kamu butuhkan untuk memulai bisnis. Selama Anda dibimbing, kamu dapat dengan mudah belajar dan berbicara dengan orang yang berpengalaman.

Jadi hindari kesalahan saat memulai bisnis. Dengan bantuan inkubator, tentunya juga lebih mudah untuk menemukan investor yang tepat. Jika kamu berpartisipasi dalam program ini, kemajuan kamu selama beberapa tahun pertama juga akan dipantau untuk melihat apakah kamu berada di jalur yang benar.

Kerugian

Kerugian umum dari inkubator adalah sulitnya berpartisipasi dalam program inkubator. Proses aplikasi bisa sangat kompetitif. Sebelum mendaftarkan perusahaan kamu dalam program inkubasi, pastikan kamu memiliki business plan yang detail dan detail.

Setelah kamu menerima program ini, perlu beberapa saat sebelum kamu dapat berjalan sepenuhnya secara mandiri. Bergabung dengan program ini selama satu atau dua tahun bisa jadi sulit. Selain itu, bekerja dengan inkubator berarti belajar menjadi seorang profesional.

Setelah kamu memutuskan untuk mendaftarkan rencana bisnis kamu di inkubator, kamu harus dapat beradaptasi dan mengikuti instruksi yang diberikan. Sekalipun itu adalah perusahaan kamu, kamu harus menjalin hubungan baik dengan penyedia inkubator yang akan memandu Anda dalam perjalanan bisnis kamu. Terkadang beberapa orang menganggap ini membatasi dan sulit.

Contoh Inkubator Bisnis di Indonesia

Jika kamu sudah mempelajari tentang inkubator dan perannya, kamu juga harus mengetahui contoh-contoh inkubator di Indonesia. Seperti yang sudah disebutkan, salah satu bentuk dukungan Inkubator terhadap bisnis kreatif adalah pengembangan perusahaan startup.

Contoh inkubator Indonesia sendiri adalah lembaga independen yang menawarkan startup muda. Contohnya seperti gambar di bawah ini:

  • Universitas
  • Badan swasta
  • Lembaga independen

Ini adalah ringkasan inkubator bisnis yang berhasil kami rangkum. Dengan menyediakan berbagai sumber daya melalui layanan inkubator, usaha rintisan atau startup dapat didukung pada tahap awal prosesnya. Semoga bermanfaat!

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again