Berita

Inkubator Startup Ideabox Buka Pendaftaran Batch Kedua

Inkubator startup Ideabox membuka kesempatan bagi penggiat startup untuk mengikuti program batch kedua yang dibuka hari ini. Inkubator hasil kerja sama Indosat dan Mountain SEA Ventures akan membuka pendaftaran hingga tanggal 1 Agustus 27 Agustus mendatang. Di tahap pertama lalu, Ideabox menjaring empat startup yang diinkubasi intensif selama empat bulan.

Proses pendaftaran bisa dilakukan oleh perorangan atau tim yang sudah memiliki prototipe produk yang berhubungan dengan industri Internet, telekomunikasi, dan mobile -- startup dengan prototipe yang sudah bekerja akan diprioritaskan. Seperti yang disebutkan oleh Managing Partner Mountain SEA Ventures Andy Zain saat pengumuman pembukaan batch baru Ideabox, mereka akan membantu setiap startup supaya benar-benar berhasil dengan mengurangi risiko-risiko yang selama ini kerap hambatan bagi startup untuk maju.

Menurut informasi yang kami terima, kemungkinan startup yang diterima untuk batch kedua bakal lebih banyak jumlahnya ketimbang batch perdana. Setiap startup yang berhasil terpilih dalam program ini diwajibkan untuk mengikuti inkubasi intensif di co-working spaceKejora Jakarta selama empat bulan, termasuk jika tim pengembang startup tersebut berdomisili di luar Jakarta.

Menurut bocorannya, peminat Ideabox tak lagi berasal dari Indonesia saja, tetapi juga peserta dari negara-negara tetangga mengingat pasar Indonesia adalah pasar paling penting di Asia Tenggara. Persyaratan Ideabox sendiri membolehkan orang asing untuk mengikuti program ini dengan syarat perusahaannya nanti terdaftar dan berbadan hukum di Indonesia.

Berdasarkan pengalaman pengembang Shoop! Brian Arfi Faridhi yang merupakan jebolan Ideabox tahap pertama, pengalaman dan jaringan yang diperolehnya melalui program ini sangat bagus bagi penggiat startup pemula. Shoop! sendiri akhirnya digandeng oleh Indosat sebagai bagian pengembangan e-commerce Cipika versi baru yang bakal diluncurkan dalam waktu dekat. Selain Shoop!, jebolan Ideabox batch pertama adalah Unyu (platform messaging untuk feature phone), Dealoka (mobile-based daily deals), dan Ngomik (platform komik online).

Dukungan yang diberikan oleh Ideabox untuk perkembangan startup terpilih adalah pendanaan (biaya hidup dan biaya pemasaran) dan bimbingan dari mentor-mentor yang sudah berpengalaman di dunia industri teknologi informasi. Ada sejumlah saham yang akan diambil oleh pihak Ideabox, minoritas dengan kisaran 15-20%, tapi nilainya jelas tidak sebanding dengan kesempatan dan jaringan yang diperoleh untuk memajukan startup-nya.

Peminat program ini bisa langsung mendaftarkan diri atau timnya secara langsung di http://www.ideabox.co.id/apply-to-ideabox/

Update: Pendaftaran Ideabox tahap kedua diperpanjang hingga 27 Agustus mendatang

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter