Categories

Berita

Inkubator Startup Ideabox Menangkan Penghargaan dari Global Telecoms Businesses

Amir Karimuddin - 28 May 2014

Inkubator startup yang dibentuk oleh Indosat dan Mountain SEA Ventures, Ideabox, memenangkan penghargaan untuk kategori layanan inovasi konsumen tahun 2014 dari Global Telecoms Business (GTB). GTB Innovation Awards merupakan ajang tahunan yang diberikan untuk perusahaan-perusahaan dengan proyek paling inovatif di industri telekomunikasi. Selain Ideabox, Indosat juga memenangi kategori yang sama dengan produk mobile money Dompetku yang bekerja sama dengan QNB Kesawan.

Indosat bekerja sama dengan Mountain SEA Ventures, yang merupakan bagian dari Mountain Partners AG, dan Founder Institute sebagai akselerator teknologi terbesar untuk menjalankan inkubator ini. Ideabox juga mendapat dukungan dan mentorship dari Microsoft, Intel, Qualcomm Development Network, Amazon Web Service, Yahoo Indonesia, dan Cisco. Startup yang diinkubasi oleh Ideabox akan memperoleh tempat kerja di Kejora dalam jangka waktu empat bulan.

CEO dan Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli dalam rilis persnya menyebutkan, “Kami sangat bersyukur memperoleh pengenalan internasional untuk Ideabox. Ini adalah bagian kunci misi Indosat untuk membangun ekosistem layanan digital yang kuat di Indonesia dan membantu pengusaha Indonesia yang menjanjikan untuk memperoleh kesuksesan lokal dan global.

Managing Partner Mountain SEA Ventures Andy Zain sebagai partner Indosat untuk membangun Ideabox menambahkan, “Kolaborasi dengan setiap stakeholder industri adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan sebuah startup, terutama karena industri teknologi kita masih dalam tahapan awal. Ada banyak talenta hebat dari Indonesia dan kita memiliki pasar besar yang potensial. Program akselerator dan inkubator yang bagus harus bisa menjembatani talenta ini dengan mentor yang bagus, kurikulum yang efektif, kesempatan memperluas jaringan, dan membuka pintu ke industri. Kami sangat senang dengan kerja sama Indosat yang saling melengkapi, tak hanya soal pendanaan tapi juga akses ke basis konsumen yang luas.”

Di putaran pertamanya, Ideabox telah memilih empat startup dari 100 pendaftar dan mengakselerasinya dalam waktu empat bulan di Kejora. Mereka adalah Dealoka (aplikasi kupon mobile inovatif), Ngomik (platform komik digital), Shoop! (platform e-commerce yang sangat sosial), dan Unyu (layanan komunikasi berbasis stiker untuk feature phone). Semua startup tersebut bekerja sama dengan unit layanan digital Indosat untuk mem-bundle produknya dengan produk Indosat. Shoop! bahkan dipromosikan untuk menjadi platform e-commerce Indosat yang bakal diluncurkan kuartal kedua mendatang.

Ideabox di bulan Juni mendatang akan menyelenggarakan investor’s day-nya yang pertama dan bakal membuka batch berikutnya di bulan September 2014. Ideabox juga berharap bisa menarik sejumlah startup internasional untuk berpusat di Indonesia.

[Sumber foto: flickr/Global Telecoms Business]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter